bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Desa Pulau Pahawang Marga Punduh Segera Miliki Pustu

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 3 September 2023 17:03
    Bagikan  
Desa Pulau Pahawang Marga Punduh Segera Miliki Pustu

Kepala Desa Pulau Pahawang Ahmad Salim para perangkat desanya/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawarab siapkan tanah untuk pembuatan Puskesmas Pembantu (Pustu) di desa setempat.

Kepala Desa Pulau Pahawang Ahmad Salim mengatakan, pihaknya menyiapkan lahan tersebut setelah adanya instruksi dari pemerintah daerah, yang berencana akan melakukan pembangunan Pustu di desanya.

“Iya, kami diberitahukan sebelum adanya pembangunan itu pihak desa wajib menyiapkan lahannya, karena itu kami pemerintah desa bersama masyarakat berinsiatif untuk iuran agar menyiapkan lahan yang akan dibangun Pustu tersebut,” kata Salim, Minggu (3/8/2023).

Ia menyambut baik adanya wacana pembangunan Pustu tersebut, mengingat saat ini Pulau Pahawang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pesawaran yang paling banyak di kunjungi wisatawan.

Baca juga: Pj Bupati Lambar Diduga Terekam Bertekad Menangkan Bacapres

“Pertama di desa kami ini baru ada bidan desa, kedua sebagai daerah destinasi wisata kita juga harus melengkapi segala fasilitas penunjang yang ada, salah satunya fasilitas kesehatan ini,” ujarnya.

“Dengan adanya Pustu itu kedepannya, baik masyarakat maupun wisatawan yang datang, perlu mendapatkan perawatan medis, tidak perlu jauh-jauh ke darat lagi karena ditempat kita sudah ada,” tambahnya.

Salim juga berharap, nantinya petugas kesehatan yang ditempatkan di Pustu tersebut, merupakan masyarakat asli Desa Pahawang yang telah mengenyam pendidikan kesehatan.

Baca juga: Perjalanan Cak Imin Bacawapres Anies Baswedan Bikin Kubu Prabowo Kropos

“Kami juga telah memiliki SDM nya, ada anak-anak Desa Pahawang ini yang kuliah baik keperawatan maupun kebidanan, sehingga ketika Pustu itu sudah ada mereka bisa diberdayakan di Pustu tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Dr. Media Apriliana mengatakan, Pemkab Pesawaran tahun depan akan mendapatkan bantuan pembangunan Pustu di Desa Pahawang, dan saat ini segala persyaratan administrasi telah selesai semua.

“Kemarinkan kita bingung terkait lahannya, kalau masyarakat dan Pemerintah Desa Pulau Pahawang bersedia menyiapkan lahannya, berarti sudah tidak ada masalah lagi, mudah-mudahan tahun depan pembangunan Pustu akan segera berjalan,” pungkasnya. (Rama)