Helo Indonesia

Siluman, Proyek Gorong-Gorong di Pulung Kencana Tubaba

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 2 September 2023 17:49
    Bagikan  
Siluman, Proyek Gorong-Gorong di Pulung Kencana Tubaba

Para pekerja pembangunan gorong-gorong (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  Masyarakat bahkan para pekerja tak tahu proyek apa dan siapa yang mengerjakan proyek orong-gorong di Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, RK 04, Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Provinsi Lampung.

Di lokasi, tidak ada papan proyek sebagai syarat keterbukaan pelaksanaan pekerjaan pemerintah, baik perusahaan yang mengerjakan proyek maupun nilai proyeknya. Para pekerjanya juga tak tahu pemilik proyek.

Ketika Helo Indonesia Lampung melihat lokasi pekerjaan, pengawas proyek tak ada di lokasi, Jumat (1/9/2023). Alasan pekerjanya, sang pengawas baru pulang. "Sepertinya proyek ini punya Pak BHR,' ujar seorang pekerja.

Dikonfirmasi via telepon, Mantan Sekretaris PUPR Tubaba Baharuddin mengatakan bahwa pekerjaan tersebut bukan pekerjaannya. "Tadi pagi, saya cuma lewat sekalian mampir melihat pembangunan gorong-gorong tersebut.

Baca juga: Duet Anies-Cak Imin Tak Akan Gerus Suara Ganjar di Basis Nahdliyin

"Saya cuma mampir dan saya berpesan kepada pekerja tolong benar-benar diperbaiki gorong-gorong ini jangan asal-asalan," ujarnya. Diakuinya, tiuhnya pernah membuat proposal pengajuan untuk perbaikan gorong-gorong, ke dinas PUPR Tubaba.

"Kalau yang mengajukan proposal nya benar saya yang membawa nya ke dinas PUPR, coba tanya ma dinas PUPR bidang apa yang mengerjakan ini," ucapnya.

Terpisah, kepala Tiyuh Pulung Kencana, Hendrawan saat ditanya terkait pekerjaan tersebut juga tidak tahu pekerjaan itu milik tiyuh.

"Namun untuk pengajuan proposal benar dari bulan Februari kemarin, kami pihak Tiyuh yang mengajukan. Akan tetapi, siapa yang mengerjakan saya tidak tahu," ucapnya.

Kemudian, media berusaha menghubungi Dinas PUPR, namun jawabannya "Proyek itu bukan punya kita,"ucap salah satu Kabid Dinas PUPR. (Rohman).