Helo Indonesia

2 Ribu Migran Indonesia Diterbangkan PT. Dwi Citra Patria 4 Tahun Terakhir

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 27 Agustus 2023 14:34
    Bagikan  
2 Ribu Migran Indonesia Diterbangkan PT. Dwi Citra Patria 4 Tahun Terakhir

Muhammad Marzuki, penanggung jawab PT DCT Lampung-Bengkulu (Foto Khairuddin/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Lima tahun terakhir, sebanyak dua ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Provinsi Lampung dan Provinsi Bengkulu diterbangkan PT.Dwi Citra Tripatria (PT.DCT), ke sejumlah negara di ASEAN dan Asia Timur.

Penanggung jawab PT.DCT Provinsi Lampung dan Bengkulu Muhammad Marzuki pada acara silaturahmi pendamping PMI PT.DCT se Pronvinsi Lampung dan memperingati HUT ke -78 RI Minggu (27-8) mengatakan, selama lima tahun terakhir, PT.DCT telah menerbangkan tak kurang dua ribu PMI ke sejumlah negara ASEAN seperti Malaysia dan singapura dan negara Asia Timur seperti Hongkong dan Taiwan.

Ribuan PMI yang "mengadu" nasib di sejumlah negara itu sebagian besar jadi asisten rumah tangga bagi PMI wanita dan industri atau pabrik bagi pria.
"Alhamdulillah PT.DCT salah satu pilihan bagi calon PMI tanah air khususnya Lampung dan Bengkulu untuk bekerja di luar negeri," kata M. Marzuki yang didampingi pendamping PMI PT.DCT.

Pria yang telah mengabdikan diri di PT DCT sekitar tujuh tahun itu menjelaskan, tingginya minat calon PMI asal dua provinsi tersebut, dirinya sebagai penanggung jawab, akan selalu mematuhi dan melaksanakan tugas sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.
"Kami bekerja taat dengan aturan hukum dan undang-undang. Dengan demikian maka sampai saat ini PT.DCT tak pernah bermasalah," tegasnya.

Baca juga: Misteri Lukisan Tua Radin Inten II, Mana yang Paling Pas?

Dengan jumlah PMI yang mencapai ribuan ke sejumlah negara tujuan, maka PT DCT telah membantu pemerintah atau negara dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.
"PMI adalah devisa negara. Tak kalah penting PT.DCT berperan aktif membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lampung dan Bengkulu," jelasnya.

Terkait PMI yang dipulangkan ke tanah air sebelum habis masa kontrak, dia mengatakan, selama ini PMI yang dipulangkan ke tanah air sebelum kontrak habis, tak pernah terjadi.
"PMI yang dideportasi karena bermasalah tidak pernah terjadi. Tapi, kalau sakit, hanya ada beberapa saja," ujarnya

Pada acara silaturahmi dan peringatan HUT ke 78 RI, pendamping PMI PT.DCT menggelar sejumlah pwrlombaan seperti lomba joget berpasangan dengan menjempit balon, lomba joget sambil makan kue dan sejumlah lomba lainnya.
"Insya Allah acara silaturahmi ini akan kami jadikan agrnda tahunan," pungkasnya.
(Khairuddin)