Helo Indonesia

Ny. Nanda Indira Dendi Minta Ketua TP PKK Desa Jadi Penggerak di Desa

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 25 Agustus 2023 21:41
    Bagikan  
Ny. Nanda Indira Dendi Minta Ketua TP PKK Desa Jadi Penggerak di Desa

Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi saat membuka pembinaan administrasi PKK Desa se-Kecamatan Telukpandan/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Guna mendukung program Pemerintahan Desa, Tim Penggerak (TP) PKK Desa harus terus berbenah dan harus tampil agresif, elegan serta mempunyai program kerja yang baik.

Hal itu dikatakan Ketua TP PKK Nanda Indira Dendi saat membuka pembinaan administrasi PKK Desa se-Kecamatan Telukpandan di Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Provinsi Lampung di Desa Hanura Kecamatan Telukpandan.

"Saya minta Ketua TP PKK Desa menjadi penggerak bagi pengurus dan anggota PKK di desa masing-masing dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki, baik sumberdaya organisasi maupun sumberdaya yang berbasis lokal, supaya kedepan desa bisa mengalami peningkatan dalam berorganisasi sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Nanda, Jumat (25/8/2023).

Dikatakannya, Ketua dan Pengurus TP PKK Desa juga harus memahami administrasi PKK. Secara garis besar mencakup administrasi umum dan administrasi keuangan.

Baca juga: Dihadiri Eva, Wiyadi Tegaskan Kader PDIP Tak Main 2 Kaki Kejar 80 Suara

"Administrasi baik umum maupun keuangan juga merupakan syarat penting dalam mengelola organisasi PKK. Termasuk dalam perlombaan PKK tingkat desa, penilaian tidak hanya ditentukan hanya dari lapangan, tapi juga dari cara mengelola administrasi yang baik," ujarnya.

Menurutnya, administrasi PKK Desa baik secara tertulis atau ketatausahaan yang dilakukan secara teratur, tertib dan terarah tentu akan tercipta tertib dalam penggunaan keuangan dan juga pertanggungjawabannya.

"Tertib administrasi menjadi salah satu kunci dalam mendukung keberhasilan 10 Program Pokok PKK. Apabila dikerjakan secara tepat waktu, atau setiap selesai melakukan kegiatan PKK, administrasi bukanlah persoalan rumit, namun jika ditunda-tunda, pada akhirnya akan menumpuk diakhir bulan, itu akan membuat kita repot," kata dia.

Baca juga: Ganjar dan Puan Kobarkan Semangat 33.000 Kader PDIP untuk Raih Hattrick Kemenangan

Untuk itu, Nanda menghimbau kepada seluruh Ketua dan anggota TP PKK untuk melaksanakan administrasi PKK secara teratur, tertib, terarah, dan tepat waktu sehingga 10 Program Pokok PKK akan berjalan baik.

"Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK harus dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, terutam untuk pencegahan dan penurunan angka stunting, dan meningkatkan ketahanan pangan keluarga," pungkasnya. (Rama)