Helo Indonesia

Bacalon Gubernur Umar Ahmad Bicara Visi Pembangunan Lampung ke Depan

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 23 Agustus 2023 16:59
    Bagikan  
Bacalon Gubernur Umar Ahmad Bicara Visi Pembangunan Lampung ke Depan

Umar Ahmad usai memaparkan pemikirannya soal pembangunan Lampung ke depan (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Digadang-gadang sebagai bakal calon gubernur (bacagub) Lampung, Umar Ahmad, SP jadi narasumber soal pembangunan Lampung ke depan pada seminar di Gedung B.3.1 FISIP Universitas Lampung (Unila).

Mantan Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) itu berpendapat tentang pembangunan pada seminar yang diadakan Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unila, Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Umar Ahmad Bicara tentang Visi Lampung, Kode 2024?

Menurut Umar Ahmad, pembangunan harus berdasarkan prinsip budaya agar daerah ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. Jangan melihat Lampung hanya sebagai wilayah, tapi suatu wilayah yang telah lama memiliki satu visi, katanya.

Sehingga, pembangunan seperti apa pun, visi yang merupakan gagasan tersebit harus diaplikasikan dalam program pembangunan berdasarkan piil pesenggiri, nemui nyimah, nenggah-ngapur, bejuluk adat, dan sakai sembayan.

Baca juga: Direktur PTPN VII kepada FKPPIB: Maksimalkan Bonus Demografi

"Jauh sebelum Lampung berdiri, kita sudah menyatukan kelompok yang ada di wilayah Lampung ini menjadi satu Lampung sebagai yang memiliki satu visi tersebut," katanya.

Menurut Umar Ahmad, pikiran dan gagasan merupakan sesuatu yang harus selalu tumbuh, karena apa pun yang muncul hari ini berangkat dari sebuah pikiran dan gagasan.

Seminar diskusi kajian seperti ini, katanya, harus menjadi tradisi yang memicu munculnya ide dan kegelisahan baru untuk memantik kehidupan masyarakat Lampung yang lebih baik.

Mudah-mudahan, setelah diskusi ini, ada kegelisahan dan harapan baru yang memantik kehidupan yang lebih baik kedepan di Lampung, ujarnya.

Baca juga: Soal Wacana Duet Ganjar-Anies, Begini Respon PPP


“Seperti halnya yang ditekankan oleh narasumber kita, Bapak Umar Ahmad, bahwa pembangunan di Lampung sudah sepatutnya berjalan berdasarkan oleh budaya-budaya yang ada di Lampung agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan kedepannya,” jelas Wahyu.

Ketua Umum HMJ Ilmu Pemerintahan, Wahyu Ramanda (Ilmu Pemerintahan 21) sepakat dengan cara pandang Umar Ahmad. Pembangunan di Lampung sudah sepatutnya berjalan berdasarkan oleh budaya-budaya yang ada di Lampung agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan kedepannya,” ujarnya.

Selain Umar, ada beberapa pembicara kompeten lainnya yang diundang untuk memberikan pandangan dan pemikiran mereka, kata Ketua Umum HMJ Ilmu Pemerintahan, Wahyu Ramanda (Ilmu Pemerintahan 21). (Wildan)