Helo Indonesia

Pembangunan Gedung Kembar Pemkot BL Abaikan K3 dan Papan Proyek

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 15 Agustus 2023 15:05
    Bagikan  
Pembangunan Gedung Kembar Pemkot BL Abaikan K3 dan Papan Proyek

Dua pekerja telanjang, tanpa K3, di Lantai 4 Gedung Kembar (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Kontraktor PT AH nekat mengabaikan keselamatan para pekerja dan tidak melakukan kewajiban pemasangan papan proyek pembangunan Gedung Kembar Mal Pelayanan Publik di depan hidung para pejabat Pemkot Bandarlampung.

Sejak grounbreaking oleh Menpan RB Cahyo Kumolo, Jumat pagi ( 27/5/2022), perusahaan mengabaikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai UU Cipta Kerja 2020 dan Menteri PUPR No.10 Tahun 2021 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.

undefined

Gedung Kembar Pemkot Bandarlampung (Foto Fizzo Novel)

Selain itu, Helo Indonesia Lampung, Selasa (15/8/2023), tak menemukan adanya papan proyek yang wajib dipasang sesuai Permen PU No.29/PRT/M/2006 tentang Pedoman Persyaratan Teknis Bangunan Gedung.

Perusahaan tak melengkapi para pekerjanya dengan alat pengaman seperti helm, rompi, dan tali. Hingga Selasa (15/8/2023), para pekerjanya dibiarkan tidak menggunakan peralatan keselamatan kerja.

Baca juga: Membedah Peluang Koalisi 4 Parpol Menangkan Pilpres 2024

Gedung tersebut dibangun untuk keperluan masyarakat mengurus berbagai dokumen dengan anggaran Rp80 miliar dalam tiga termin. Anggaran tahap pertama dari SMI. Target selesai akhir 2024.

Sesuai Undang-Undang Cipta Kerja Tahun 2020 dan Peraturan V PUPR Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pedoman Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.

Menpan RB dan Reformasi Birokrasi RI Almarhum Cahyo Kumolo yang memasang batu pertama pembangunan (grounbreaking ) pembangunan Gedung Mal Pelayanan Publik, Jumat pagi ( 27/5/2022).

Dengan pembangunan tersebut, Pemkot Bandarlampung bakal memiliki "Gedung Kembar" untuk melayani kepentingan masyarakat Kota Bandarlampung. Gedung serupa telah dibangun masa Wali Kota Herman HN.

Rencananya, gedung yang akan dibangun ini memiliki 10 lantai, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung Iwan Gunawan, Kamis (26/5/2022).

Baca juga: DPR Ingatkan Masyarakat, Jelang Pemilu Hati-hati Terhadap Peredaran Uang Palsu

"Tahap pertama, kita bangun tiga lantai senilai Rp35 miliar. Pembangunan tahap kedua dan ketiga sampai 10 lantai total pagu yang gelontorkan sekitar Rp. 80 miliar," ujarnya.

Dia menargetkan pembangunan gedung selesai pada akhir 2023. "Untuk pengerjaan tahap pertama itu tahun ini (2022) tahap 1, dan untuk keseluruhan itu ditargetkan di akhir tahun 2023 sudah berdiri," tukasnya. 

Sementara untuk luasnya, panjang kali lebar adalah 26x32 meter. "Untuk luasnya 26x32 meter dan keatas 10 lantai," tundasnya.

Sejak beberapa pekan lalu, pembangunan di komplek Pemkot Bandarlampung, Jalan Dokter Susilo No.2, Sumur Batu, Kecamatan Telukbetung Utara itu untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat hingga dokumen negara. 

"Jadi semua di sini karena ini sistemnya terpadu. Nah, disini kan kayak buat SIM gitu pastinya gandeng pihak kepolisian jadi memang disini semua terpadu mencakup semuanya," ungkapnya. [Jims]