Helo Indonesia

Jos! Transaksi Pekan Raya Kendal 2023 Tembus hingga Rp 40 Miliar

Selasa, 1 Agustus 2023 20:36
    Bagikan  
Jos! Transaksi Pekan Raya Kendal 2023 Tembus hingga Rp 40 Miliar

Suasana Pekan Raya Kendal 2023 yang banjir pengunjung. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Pekan Raya Kendal (PRK) 2023 yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke-418 Kabupaten Kendal selama enam hari sejak 25-30 Juli 2023 di Stadion Utama Kebondalem Kendal, diperkirakan telah menghasilkan perputaran transaksi yang cukup fantastis yakni menembus hingga Rp 40 miliar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Toni Ari Wibowo usai mengikuti Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) APBD 2023, di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Selasa 1 Agustus 2023.

Baca juga: Refocusing, Antara Pekan Raya Kendal dan Air Putih

Toni Ari Wibowo mengungkapkan, perputaran transaksi ekonomi dari PRK 2023 ini naik 100 persen atau dua kali lipat dibandingkan tahun 2022 yang mencapai Rp 20 miliar.

"Kalau dari hitungan kasar dari teman-teman EO-nya naik hampir 100 persen dari tahun kemarin. Kalau tahun kemarin itu Rp 20 miliar, sekarang Rp 40 miliar," ungkap Toni.

Dinilai Sukses

Dirinya menjelaskan, perputaran tersebut berasal dari 249 stan, wahana permainan hingga ratusan pedagang yang ada dalam event PRK 2023 di Stadion Kebondalem Kendal.

"Jadi itu dari stan, dari pedagang, dari sponsorship, wahana permainan, dari pedagang yang di luar stadion juga kita hitung," jelas Kepala Disdagkop dan UKM Kendal.

Toni menambahkan, PRK 2023 dinilai sukses digelar. Terlebih dengan adanya panggung hiburan artis papan atas ibukota mampu mendatangkan pengunjung lebih dari 30 ribu pengunjung setiap harinya. Sehingga mampu menjadi daya tarik yang menguntungkan bagi pelaku usaha yang ada di PRK Stadion Utama Kebondalem.

"Tapi nanti evaluasi tetap kita lakukan. Kalau dari pelaksanaan memang sudah luar biasa. Teman-teman UMKM juga menyampaikan omzet yang mereka dapatkan sangat luar biasa dan lebih dari tahun yang kemarin. Dari teman-teman sponsorship juga mengucapkan terima kasih karena promosi tersampaikan," imbuhnya. (Anik)