Helo Indonesia

Kabar Mengejutkan, Jenazah Mbah KH Maemoen Zubair di Ma’la Makkah Masih Utuh, Tak Jadi Dipindahkan

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Senin, 24 Juli 2023 21:33
    Bagikan  
Mbah KH Maemoen Zubair
Twitter / @Generasi_MudaNU

Mbah KH Maemoen Zubair - Makam Mbah KH Maemoen Zubair di Mala, Makkah, Arab Saudi. (Foto: Twitter / @Generasi_MudaNU)

HELOINDONESIA.COM - Ada kabar mengejutkan. Yakni, kabar bahwa jenazah almarhum Mbah KH Maemoen Zubair alias Mbah Moen, tidak jadi dipindahkan dari makam semula di Ma’la, Arab Saudi.

Yang lebih mengejutkan, lanjut kabar itu, tidak jadinya dipindahkan jenazah Mbah Moen itu, karena kondisinya masih utuh.

Hal itu terungkap dalam satu postingan di Twitter, yakni oleh netizen Generasi Muda NU dengan akun @Generasi_MudaNU, yang diunggah 23 Juli 2023.

Beribu puji syukur karena Janazah beliau Syaikhina Maemoen Zubair tidak jadi di pindahkan karena jasad beliau masih utuh jadi di kembalikan lagi,” tulis netizen itu.

Baca juga: Denny Indrayana: Diduga untuk Gibran, Ihtiar ke MK Ubah Syarat Umur Capres Cawapres Itu Sangat Salah

Lantas dijelaskan bahwa, di Arab Saudi, setiap jasad yang dimakamkan di Ma’la, tiap empat tahun sekali dipindahkan. Makam Mbah Moen dibongkar dalam rangka itu.

Karena setiap 4 tahun jasad yang di kebumikan di ma'la akan di pindahkan. Alhamdulillah hadza min ajaibillah,” tulis akun itu lagi.

Di akhir tulisan postingan itu disebutkan sumbernya adalah:  Sumber : FB Mieshbach Achmad. Setelah dirunut, ternyata berasan dari unggahan di Facebook yang dilakukan oleh akun Mieshbach Achmad sehari lalu.

Baca juga: Harry Kane dan Son Tiba di Singapura Bersama Tottenham Hotspur, Yang Mau Nonton Laganya, Ini Jadwalnya

Di akun Facebook tersebut, bunyi tulisan unggahan sama persis dengan unggahan di atas. Lantas ditembahkan keterangan, anjuran membuka video unggahan di akun itu pula di FB, yakni tentang kesaksian dari petugas makam bernama Muhammad Ali.

Dalam bahasa Arab dan diterjemahkan oleh orang Indonesia Bernama Rifqil Muslim Suyuthi, petugas makam Muhammad Ali menyebutkan bahwa benar jenazah KH Maemoen Zubair masih utuh, sehingga dikembalikan lagi.

Saya konfirmasi ke Muhammad Ali, Petugas Makam yang ikut membuka & melihat langsung mengatakan masih utuh. Alhamdulillah Beberapa hari yang lalu makam KH. Maimoen Zubair dibongkar, jenazah beliau masih utuh & tetap dimakamkan di Ma’la,” tulis Rifqil Muslim Suyuthi.

Baca juga: Denny Indrayana: Diduga untuk Gibran, Ihtiar ke MK Ubah Syarat Umur Capres Cawapres Itu Sangat Salah

Komentar Netizen

Ada sejumlah netizen mengomentari postingan di Twitter tersebut. Ada yang mengagumi Mbah Moen, ada juga yang bercerita pernah datang ziarah ke makam itu. Namun menariknya, ada juga yang mengingatkan, jangan-jangan kabar di atas hoaks.

Alhamdulillah beliau dimakamkan di Tanah Suci sehingga dijauhkan dari kultus seandainya dimakamkan di tanah air. Allahumaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu,” tulis netizen Duta Komering dengan akun @KlanSemendaway.

Beberapa waktu sebelum pengecekan, sempat sowan bersama teman sekamar kbih yang juga santri beliau asli rembang. sekalian juga menebali penulisan nama di batu tersebut. Syukurlah,” ujar @capresturki.

Nah yang satu ini mencoba mengingatkan tentang kebenarnya kabar di atas, dia meminta bukti foto, jangan-jangan kabar itu hoaks.

Mmg ada fotonya sbg bukti? Kuatir aja ini cmn hoax atau karangan liar aja,” tulis netizen Hadi Tengu @adivox.

Satu lagi netizen mencoba melogikan soal pemindahan jenazah. Mungkin bkn dipindahkan, tetapi ditumpuk dg jenazah baru. Kalau dipindahkan sy tdk bs membayangkan,” ujar netizen Firhad dengan akun @firman_firhad. (*)

(Winoto Anung)