Helo Indonesia

70 Pelajar Ikuti Pemusatan Pelatihan Paskribaka Kabupaten Kendal

Senin, 24 Juli 2023 18:26
    Bagikan  
70 Pelajar Ikuti Pemusatan Pelatihan Paskribaka Kabupaten Kendal

Para peserta Paskibraka Kendal ikuti pemusatan pelatihan di Alun-alun Kendal, Senin (24/7/2023). Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan kegiatan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan kepada calon peserta Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang akan bertugas pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI.

Kegiatan pemusatan pensisikan dan pelatihan dibuka secara resmi oleh Sekda Kendal, Sugiono di Alun-alun Kabupaten Kendal, Senin 24 Juli 2023.

Baca juga: Hilang Kendali, Truk Tabrak Pohon sampai Tumbang di Patebon, Satu Pemotor Terluka

Dalam sambutannya, Sekda Kendal berpesan agar para peserta bersemangat dalam berlatih. Serta menjaga kedisiplinan, mengikuti arahan pembina maupun pelatih dengan baik dan sungguh sungguh.

"Patuhi semua yang sudah menjadi aturan dari para pelatih dan pembina. Bertugas bukan hanya kesiapan mental namun diperlukan kesiapan fisik. Di pundak kalian sekarang ini tertumpu tugas dan tanggung jawab yang sangat berat dan mulia, menaikkan dan mengibarkan serta menurunkan bendera merah putih pada puncak peringatan HUT RI ke-78 tingkat Kabupaten Kendal," ujarnya.

Sub Koordinator Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Kesbangpol Kendal, Siti Laelatul Badriyah menjelaskan, ada sebanyak 70 peserta yang telah lolos tahapan seleksi, terdiri dari 38 putra dan 32 putri. Dimana merek akan menjalani pemusatan pendidikan dan pelatihan yang direncanakan akan berlangsung hingga 15 Agustus 2023 mendatang.

"Tahapan seleksi sudah selesai. Sekarang mulai tahapan pemusatan pendidikan dan pelatihan dimulai hari ini sampai tanggal 15 Agustus 2023. Tanggal 16 Agustus 2023 sudah gladi kotor dan gladi bersih," terangnya.

Tiga Hari

Ditambahkan dia, peserta bakal digembleng oleh para instruktur yang didatangkan dari Kodim 0715/Kendal dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kendal. Selain itu peserta akan mengikuti karantina selama tiga hari di Tirtoarum Baru Kendal.

"Untuk pemusatan pelatihan dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 1 Kendal. Meliputi latihan fisik, wawasan kebangsaan dan latihan formasi. Sementara untuk karantina dilaksanakan selama tiga hari dari 16-18 Agustus 2023 di Tirto Arum Baru Kendal.

Dirinya berpesan agar para peserta menjaga kesehatan fisik dan mental, mengingat karantina yang idealnya dilaksanakan selama dua minggu hanya dilaksanakan selama tiga hari.

Baca juga: Harry Kane dan Son Tiba di Singapura Bersama Tottenham Hotspur, Yang Mau Nonton Laganya, Ini Jadwalnya

"Jadi ini adik-adik selama latihan masih pulang pergi dari rumah. Kita juga terus tekankan kepada adik-adik selalu jaga kesehatan, mengatur pola istirahat dan pola makan. Serta hati-hati saat berangkat maupun pulang latihan," pesan Siti Laelatul.

Sementara, Instruktur Paskibraka dari Kodim 0715/Kendal, Pelda Riyanto menjelaskan, pada minggu pertama peserta akan diberikan pelatihan fisik diantaranya lari dan pernafasan. Sementara pada minggu kedua meliputi gerakan PBB dasar seperti jalan ditempat, sikap sempurna dan sikap istirahat.

"Minggu ketiga kita latih formasi karena formasi paskibra itu kan bermacam-macam seperti teknik pengibaran bendera. Juga kita lakukan kedisiplinan pada saat nanti masa karantina. Untuk hari ini kita baru melaksanakan perkenalan agar agar anak beradaptasi apa yang dikerjakan nantinya," papar Pelda Riyanto. (Anik)