Helo Indonesia

Alzier Darah Segar Pekerja dan Buruh di Lampung, Ini Agenda Besar Aksinya

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 22 Juli 2023 21:56
    Bagikan  
Alzier dan para pengurus KSPI Lampung

Alzier dan para pengurus KSPI Lampung - (Foto Bensor/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Samsir Nasution mengatakan kehadiran Alzier Dianis Thabranie sebagai ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Lampung merupakan darah segar bagi kepengurusan dan pekerja/buruh daerah ini.

Wakil Ketua KSPSI Lampung itu berharap nasib para pekerja makin sejahtera di Lampung. "Program prioritas pertama kepemimpinan Alzier adalah perbaikan kartu anggota pekerja (KTA)," katanya.

Dikatakannya juga, sistem keanggotaan akan dibuat online agar memudahkan pemantauan dan upaya memperjuangkan kesejahteran para pekerja/buruh di Lampung.

"Program-programnya juga diusahakan tepat sasaran," katanya usai rapat perdana di bawah kepemimpinan Alzier di Kantor KSPSI, Jl. Hasanudin No. 10 Telukbetung, Bandarlampung, Sabtu (22/7/2023).

Rapat dihadiri oleh seluruh pimpinan federasi. Dalam rapat itu juga, para SPA, yang di bawah KSPSI menindaklanjuti arahan dari DPP KSPSI tentang agenda aksi nasional KSPSI di DPR RI dan MK, Jakarta, 10 Agustus 2023.

Baca juga: Alzier Diminta Pimpin Buruh se-Lampung, Ini Visi dan Misinya

Aksi nasional serentak ini dimaksudkan bukan hanya di Jakarta (Istana, DPR RI, dan MK), namun di seluruh daerah, yaitu kantor gubernur dan/atau gedung DPRD Provinsi dengan tuntutan yang sama, yaitu:

1. Cabut UU No. 6 tahun 2023 tentang Cipta Kerja;
2. Cabut UU Omnibus Law tentang Kesehatan; dan
3. Terapkan Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat.

Dalam rapat yang dilakukan di kantor KSPSI Jl. Hasanudin No. 10 Teluk Betung tersebut menyepakati beberapa poin penting, yaitu:

1. DPD KSPSI Lampung mengikuti/mematuhi  arahan/Instruksi DPP KSPSI Pusat tentang rencana agenda Aksi Unjuk Rasa Seluruh Indonesia pada 10 Agustus 2023 yang dipusatkan di gedung DPR RI dan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tuntutan Menolak UU Omnibus Law, UU Cipta Kerja, dan RUU Kesehatan yang telah disahkan oleh DPR RI pada 11 Juli 2023;

2. Selanjutnya dalam rapat pleno KSPSI tersebut mayoritas menyepakati  Pergantian Antar Waktu (PAW)  dengan menetapkan Alzier Dianis Thabranie sebagai Ketua Umum DPD KSPSI Lampung, menggantikan Ketua Umum sebelumnya karena meninggal dunia pada April 2023 lalu (alm. Jazuli Isa) untuk periode 2022 - 2027.

Ketua DPD KSPSI diinstruksikan agar membangun aliansi dengan semua kekuatan yang juga menolak UU Cipta Kerja khususnya dari Serikat Buruh/Serikat Pekerja pada tingkat daerah untuk melakukan aksi (HBM)