Helo Indonesia

Ketua PKK Pesawaran Terima Penghargaan dari Jokowi

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 6 Juli 2023 21:53
    Bagikan  
Foto: Ist

Foto: Ist - Nanda Indira Dendi menerima piagam penghargaan tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Presiden RI Joko Widodo

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi menerima penghargaan tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) RI No. 44/TK/2023.

Nanda mengatakan, penghargaan ini diraih setelah Setmilpres serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, melakukan penilaian lapangan uji petik yang dilakukan beberapa waktu lalu Jumat (16/6/2023) di Desa Cipadang Kecamatan Gedongtataan.

“Kita juga dinilai berhasil dalam pembinaan kampung KB terpadu dan pembinaan 10 program PKK, lalu sampai dengan 2023 Kabupaten Pesawaran telah membentuk 65 kampung KB dan rumah dataku yang bersumber dari APBD kita, kemudian kita juga berhasil membentuk dan membina kelompok ketahanan keluarga di desa-desa,” kata Nanda, seusai menerima penghargaan di lapangan upacara Pemkab Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (6/7/2023).

“Selain itu, indikator keberhasilan kita dalam menjalankan program PKK ini salah satunya, meningkatnya pelaksanaan program bangga kencana di kampung KB, lalu meningkatnya peran serta mitra kerja dan dinas instansi terkait di kampung KB, meningkatnya peran serta tim penggerak PKK dalam program bangga kencana dan penurunan stunting, dan kita bersyukur di lapangan itu adanya perubahan perilaku anggota masyarakat dalam Germas,” ujarnya.

Baca juga: Emha Ainum Nadjib Pendarahan Otak dan Tak Sadarkan Diri

Dikatakannya, pihak Pemkab Pesawaran telah berkomitmen dan telah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Pesawaran yang lebih maju dan sejahtera dengan masyarakat yang produktif.

"Kita juga memiliki program salah satunya, untuk menjaga kesehatan ibu hamil, yang dimulai sejak masa kehamilan hingga kelahiran, lalu kesehatan bayi, kesehatan balita, kesehatan anak-anak sekolah serta mencegah adanya stunting khususnya di kampung KB, sehingga dijadikan panutan dan teladan bagi masyarakat Kabupaten Pesawaran," kata dia.

"Kemudian kita juga telah melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam pencegahan stunting, penyuluhan dan pelayanan KB keliling, membentuk kelompok wanita tani (KWT), serta mengadakan pusat kegiatan belajar masyarakat sehingga masyarakat menjadi mandiri, maju dan sejahtera," timpalnya.

Baca juga: Tewasnya 7 Pekerja di Az Zahra, Komisi V DPRD Lampung Lihat Ada Kelalaian dan Tak Adanya K3

Sementara, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang turut hadir dalam pemberian penghargaan tersebut mengatakan, dengan tanda kehormatan dari Presiden RI yang diberikan kepada Ketua TP PKK, menunjukkan komitmen dalam pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayahnya.

"SWK ini diberikan setelah sebelumnya mendapat Manggala Karya Kencana (MKK), penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN kepada Ketua TP PKK tingkat provinsi, kabupaten kota atas prestasi, komitmen, dukungan dan dharma baktinya yang besar serta kepimpinannya dalam pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayahnya masing-masing,” kata Dendi.

Diketahui, pada acara Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuasin, dan juga menyambut Hari Jadi Kabupaten Pesawaran ke 16, Bumi Andan Jejama memperoleh juara I tingkat nasional dalam pelayanan serentak sejuta akseptor dengan hasil terbanyak kategori kabupaten dan juara 1 tingkat nasional dalam kategori laporan sistem informasi keluarga. (Rama)