Helo Indonesia

Akomodir Pelaku UMKM di Limbangan, Mahasiswa KKNT Unwahas Luncurkan Aplikasi Tumbasi Yookk

Sabtu, 24 Juni 2023 20:59
    Bagikan  
Dekan FEB Unwahas Hasan didampingi Kaprodi Manajemen FEB Ratih Pratiwi berpose bersama   Camat Limba
Dekan FEB Unwahas Hasan didampingi Kaprodi Manajem

Dekan FEB Unwahas Hasan didampingi Kaprodi Manajemen FEB Ratih Pratiwi berpose bersama Camat Limba - Dekan FEB Unwahas Hasan didampingi Kaprodi Manajemen FEB Ratih Pratiwi berpose bersama Camat Limbangan Alfebian Yolando dalam kegiatan penarikan KKNT Merdeka dan peluncuran Tumbasi Yook. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Seiring dengan berkembangnya tehnologi digitalisasi dan mendukung UMKM di wilayah Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Merdeka Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang telah meluncurkan aplikasi Tumbasi Yookk pada Jumat 23 Juni 2023.

Peluncuran aplikasi yang dihadiri Wakil Dekan 1, Yulekhah Ariyantie SE MM , dan sejumlah dosen dari Prodi Manajemen ini juga menjadi momen penarikan Tim KKNT Merdeka yang telah menjalankan kegiatan selama satu semester genap tahun 2023, dengan tema 'Dibide Digital Aveliation UMKM Melalui KKN Tematik'.

Baca juga: Mahfud MD Buka Kontes Robot Indonesia, Berharap KRBAI Bisa Perkuat Kemaritiman

Camat Limbangan Alfebian Yolando menyampaikan, peluncuran aplikasi Tumbasi Yookkk diharapakan dapat mengakomodasi para pelaku UMKM serta dapat membantu program yang telah digagas bersama Paguyuban UMKM "Fokus Sukses" di Kecamatan Limbangan.

"Ini diharapkan bisa menjawab tantangan digitalisasi bagi pelaku UMKM di Limbangan dimana lingkup pemasarannya yang semakin meluas hingga keterjangkauan yang di akomodir oleh aplikasi ini akan dapat memudahkan proses transaksi," harapnya.
Alfebian Yolando juga memberikan apresiasi dan penghargaan khususnya kepada para mahasiswa KKNT Merdeka serta kepada Unwahas atas kontribusinya dalam mendukung masyarakat Limbangan.

Menurutnya, dengan adanya digitalisasi pengelolaan usaha, lanjutnya, penjualan produk UMKM khususnya di wilayahnya tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu.

"Harapannya, UMKM di wilayah Kecamatan Limbangan dapat menjangkau pasar di provinsi lain bahkan hingga ke luar negeri. Hal ini sekaligus membuka peluang bagi UMKM untuk mengarahkan usahanya pada sektor usaha berorientasi ekspor di masa depan," ungkap Febi.


Peran Signifikan


Kaprodi Manajemen FEB Unwahas, Ratih Pratiwi SPd SM MSi MM menegaskan, mahasiswa dalam pengabdiannya, tidak akan berjalan dengan lancar dan baik tanpa adanya gayung sambut dari masyarakat. Termasuk peran Camat Limbangan yang memiliki peran yang sangat signifikan dalam kesuksesan abdi masyarakat.

"Peluncuran aplikasi Tumbasi Yookkk ini diharapkan bisa menjawab tantangan digitalisasi bagi pelaku UMKM di Limbangan, di mana lingkup pemasarannya yang semakin meluas hingga keterjangkauan yang di akomodir oleh aplikasi ini akan dapat memudahkan proses transaksi," beber Ratih Pratiwi.

Baca juga: Friendship Run Sapa Semarang, Runners Bakal Disuguhi Soto Bebek dan Kupat Tahu

Sementara, Dekan FEB Unwahas, Dr Hasan SE MSc, berharap, hasil dari KKN ini dapat disebarkan kepada pihak lain sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

"Kami juga terus memberikan dukungan kepada mahasiswa kami dalam menjalankan program kerja mereka dengan optimal. Sehingga harapannya apa yang dikerjakan mahasiswa kami dapat membawa manfaat bagi masyarakat," ungkapnya. (Anik)