Helo Indonesia

Friendship Run Sapa Semarang, Runners Bakal Disuguhi Soto Bebek dan Kupat Tahu

Ajie - Olahraga
Sabtu, 24 Juni 2023 17:15
    Bagikan  
Friendship Run Sapa Semarang, Runners Bakal Disuguhi Soto Bebek dan Kupat Tahu

Pelari Friendship Run berpose usai mengambil race pack (perlengkapan lari) di Hotel Room Inc. Kegiatan The Tour yang diisi dengan senam SKJ

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Setelah digelar di Kota Jakarta dan Bandung, Bank Jateng Friendship Run akan menyapa Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu besok (25/6/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara untuk menyambut lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang bakal dilaksanakan pada 19 November 2023 di Kabupaten Magelang, Jateng.

Friendship Run di Semarang diisi dengan lari bersama sejauh 5 kilometer yang diikuti sekitar 1.000 peserta. Runners akan mulai berlari dari gedung bersejarah Lawang Sewu, melewati sejumlah ruas jalan utama Kota Semarang, lalu finis di lokasi yang sama dengan titik start.

Baca juga: Ganjar Berduka Atas Kepergian Desmond: Kami Sering Bertabrakan dalam Politik, Tapi Bersama untuk Rakyat

Ketua Yayasan Borobudur Marathon Liem Chie An mengaku surprise dengan antusiasme warga Kota Semarang dalam menyambut event berlari bernapas persahabatan ini. Pasalnya, sejak dibuka, tiket kepesertaan Friendship Run di Semarang sudah sold out jauh-jauh hari.

''Artinya minat masyarakat di Semarang dan sekitarnya mengikuti Friendship Run sangat tinggi. Harapan saya mereka juga banyak yang lolos undian untuk menjadi peserta di Borobudur Marathon (BorMar) bulan November,'' kata Liem Chie An saat dihubungi Sabtu 24 Juni 2023.

Dia menjelaskan, setelah pandemi Covid-19 berlalu, greget berolahraga di Tanah Air mulai terasa. Liem Chie An optimistis, kuota peserta Borobudur Marathon sebanyak 10.000 orang bisa terpenuhi.

Menurutnya, BorMar 2023 akan melombakan nomor laro 10K, half marathon dan marathon. Yang menggembirakan lomba lari yang mengusung tagline ''Voice of Unity'' ini akan diikuti para pelari asing.

Dalam Friendship Run di Semarang besok, para peserta mendapat jersey unik yang dibuat melalui kolaborasi dengan seniman lokal Magelang. Para peserta juga diberi kesempatan untuk memakai kostum unik saat berlari karena panitia bakal memilih peserta dengan best costume.


Tarian dan Kuliner

Untuk menambah semangat para pelari, di sepanjang rute terdapat sejumlah titik cheering yang diisi dengan pentas kesenian. Para peserta juga dihibur dengan penampilan Marching Band Gita Muda Wiratama dari SMA Negeri 3 Semarang serta pentas Tari Semarang Hebat.

Baca juga: Dukung Investasi di Kota Semarang, Mbak Ita Komitmen Permudah Perizinan

Media Officer Friendship Run Rifai menjelaskan, usai berlari, peserta Friendship Run bisa menikmati sajian kuliner asal Magelang yang sudah dikurasi, yakni Ayam Bakar Nyresep, Soto Bebek Mangap, Kupat Tahu Yu Nah, Dawet Ireng Ketan Hijau Nak Robil, serta Jamu Gendhis Arum.

Mereka juga bisa menikmati sejumlah aktivitas menarik, termasuk mencoba instalasi interaktif yang dibuat oleh seniman asal Magelang.


''Berbagai sajian itu diharapkan bisa membuat para peserta Bank Jateng Friendship Run bergembira bersama dan kian antusias menyambut ajang Borobudur Marathon 2023 pada November mendatang,'' tambahnya.

The Tour FS

Salah satu peserta Friendship Run, Didit (42) mengaku baru pertama kali ikut Friendship Run. Warga Pedurungan itu menilai, even tersebut cukup bagus sebagai sarana promosi BorMar. Didit yang sudah tiga kali ikut BorMar (2019, 2021, 2022) berharap tahun ini kembali terjaring dalam ballot (undian) sehingga bisa ikut lomba lari di komplek Candio Borobudur yang berhawa sejuk.

Baca juga: Formasi KIP-K USM Gelar Seminar Robotics Exhibition

Sebelum acara Friendship Cup, pada Sabtu pagi tadi digelar acara The Tour yang diikuti 120 pelari. Diantaranya pelari dari Komunitas Freeletics Semarang dan 10 komunitas lari lainnya.

Acara diawali senam SKJ dilanjutkan lari bersama sejauh 3,5 Km dan diakhiri Sharring session. Para peserta disuguhkan berbagai gimmicks diantaranya yang beruntung bisa mendapatkan 2 free slot lari di Borobudur Marathon 2023 mendatang.


Pada tahun ini, Friendship Run bakal diselenggarakan di 10 kota. Sebelumnya, acara itu sudah digelar di Jakarta pada 21 Mei 2023 serta Bandung pada 4 Juni 2023. Setelah digelar di Semarang, acara serupa akan dilaksanakan di Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang. (Aji)