Helo Indonesia

Diskominfo Luncurkan Solmed Jateng sebagai Kanal Informasi Kinerja Pemprov

Kamis, 11 Juli 2024 16:37
    Bagikan  
Diskominfo Luncurkan Solmed Jateng sebagai Kanal Informasi Kinerja Pemprov

Diskominfo Jateng saat meluncurkan kanal informasi kinerja yaitu Solmed Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah meluncurkan program siniar (podcast) Solmed Jateng, akronim dari Solusi Media Jawa Tengah. Program yang tayang periodik via kanal Youtube Kominfo Jateng ini, membahas kinerja Pemprov Jateng dalam menuntaskan persoalan yang dihadapi masyarakat.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jateng Moch Faizin mengungkapkan, selama ini kanal khusus yang intens membahas terkait kinerja Pemprov Jateng masih dirasa kurang. Diharapkan, dengan siniar Solmed Jateng, diseminasi informasi akan tersebar lebih luas kepada masyarakat.

Baca juga: Mahasiswa USM Angkat Potensi Wisata Desa Wisata Nongkosawit Semarang

"Melalui siniar Solmed Jateng, rekan-rekan media juga bisa mendulang informasi terkait program Pemprov Jateng. Harapannya, informasi tersebar dan tersampaikan kepada warga," tuturnya, Kamis 11 Juli 2024.

Dia menyebut, penentuan topik didasarkan atas analisis tim opini publik. Tim itu bertugas menjaring isu dan opini yang tengah berkembang di masyarakat. Selanjutnya, dari top issue yang telah terjaringakan dibahas bersama OPD dan pihak terkait. Sehingga, topik yang dibahas pada siniar Solmed Jateng selalu update.

"Nah dengan ini, masyarakat akan mendapat jawaban terkait isu yang sedang berkembang lewat siniar Solmed Jateng," imbuh Faizin.

Tepat

Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum mendukung program siniar Solmed Jateng. Menurutnya, ajang ini sangat tepat untuk menjawab keingintahuan masyarakat terhadap program-program Pemprov Jateng.

Baca juga: Berkunjung ke Kabupaten Pekalongan, Nikmati Gulai Kepala Kakap Pak Oetot

"Tujuannya untuk menyampaikan info aktual terkait program Pemprov Jateng. Ini adalah bentuk dari hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. Saya harap Solmed Jateng juga menjadi ajang promosi kebudayaan Jateng, bisa lewat pakaian daerah yang berbeda-beda," ucapnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jateng Teguh Hadi Prayitno mengapresiasi hadirnya siniar Solmed Jateng. Menurutnya, hal itu adalah bentuk keseriusan pemerintah berbenah dan mengakrabkan diri dengan dunia digital.

"Di era digital ini pemerintah perlu beradaptasi dan berbenah dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Saya harap Solmed Jateng dapat menjadi solusi informasi yang kreatif, untuk meningkatkan diseminasi informasi kepada masyarakat," pungkas Teguh. (Aji)