Helo Indonesia

VIRAL Video Orangutan Kalimantan Setinggi Rumah Terlihat di Pinggir Jalan Warga

Senin, 8 Juli 2024 10:31
    Bagikan  
Orangutan Kalimantan viral
X

Orangutan Kalimantan viral - Belakangan ini ramai video viral yang menunjukkan orangutan Kalimantan raksasa setinggi rumah terlihat berkeliaran di pinggir jalan.

HELOINDONESIA.COM - Belakangan ini ramai video viral yang menunjukkan orangutan Kalimantan raksasa setinggi rumah terlihat berkeliaran di pinggir jalan.

Orangutan tersebut tampak mencari buah di pohon yang berada di dekat rumah.

Seorang warga yang melintas merekam video orangutan itu saat masuk ke pekarangan rumah, yang membuatnya terlihat sangat kontras dengan pemukiman.

Hewan itu bertubuh besar, pipi lebar, dan bulu coklat tua panjang, tampak kebingungan.

Baca juga: Satu Pelajar dari Martapura Jadi Pengisi Paduan Suara di Istana Negara

Akun X @Heraloebss mengunggah video ini pada Senin, 8 Juli 2024, dengan komentar bahwa orangutan sebesar itu seharusnya berada di pohon besar, kemungkinan habitatnya terganggu oleh penebangan liar.

“Orang Utan seukuran itu harusnya Bergelantungan di Pohon berukuran Raksasa, Mungkin sudah ga nyaman di habitatnya karena banyak penebangan liar,” lanjut akun tersebut.

Jenis orangutan yang tampak dalam video kemungkinan adalah orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus).

Baca juga: VIRAL VIDEO Orang Utan Raksasa Masuk Pemukiman Warga dan Bergelantungan di Pohon Kecil, Warganet Sebut Kasihan Melihatnya

Ciri fisik mereka termasuk rambut panjang dan kusut dengan warna merah gelap kecoklatan, serta wajah dengan gradasi warna dari merah muda hingga hitam.


Berat orangutan ini berkisar antara 50 kg hingga 90 kg dengan tinggi 1,25 meter hingga 1,5 meter, menjadikannya mamalia arboreal terbesar.

Orangutan Kalimantan juga memiliki lengan panjang dan jakun besar yang digunakan untuk mengeluarkan suara panggilan yang keras.

Namun, identifikasi ini belum dikonfirmasi oleh dinas terkait.