Helo Indonesia

Satu Pelajar dari Martapura Jadi Pengisi Paduan Suara di Istana Negara

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Senin, 8 Juli 2024 10:25
    Bagikan  
Paduan Suara
Gita Bahana Nusantara

Paduan Suara - Gita Bahana Nusantara, tim orkestra dan paduan suara yang tampil di HUT RI di Istana Negara. (ist/helokalsel)

MARTAPURA, HELOINDONESIA.COM - Risma Uli Malumma Sagala pelajar SMA Banua Kabupaten Banjar meraih peringkat ketiga kategori paduan suara sopran pada audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel di Banjarmasin, Senin (8/7/2024).

Audisi diikuti perwakilan pelajar di kabupaten/kota di Kalsel akan memilih pengisi paduan suara di Istana Negara untuk menjadi bagian dari tim paduan suara GBN tingkat nasional.

Kabid Kebudayaan Disbudporapar Banjar  M Syahid bersyukur karena Kabupaten Banjar berhasil menempatkan salah satu siswa berprestasi sebagai perwakilan dalam kategori Sopran (suara tinggi wanita). “Risma akan bergabung dengan anggota paduan suara terpilih lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia di Istana Negara pada peringatan HUT RI mendatang,” katanya.

Kata Syahid, Risma bersama tiga rekannya, yaitu Alin untuk kategori suara alto, Zikri untuk kategori suara bass, dan Vikrom untuk kategori tenor, patut mendapat apresiasi setelah menjalani pelatihan vokal intensif dari empat pelatih yang ditunjuk dinas. Mereka berlatih tiga kali seminggu selama 75 hari di Disbudporapar.

“Keempat wakil Kabupaten Banjar telah berusaha keras, namun tahun ini hanya Risma yang berhasil terpilih berdasarkan penilaian lima juri dari Disdikbud Provinsi Kalsel. Menurutnya, seleksi GBN ini merupakan agenda tahunan yang dimulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi,” paparnya.

Syahid menekankan, bahwa pelatihan vokal tidak bisa dilakukan secara instan, tetapi harus melalui tahapan teori dan praktik yang komprehensif agar siswa dapat memenuhi standar yang ditetapkan.

Sementara itu, Risma mengaku proses seleksi yang dilaluinya dimulai dari tingkat kabupaten, di mana ia berhasil lolos sebagai perwakilan Sopran. “Selama satu bulan, saya mendapat pelatihan intensif dari para pelatih di Disbudporapar Kabupaten Banjar, kemudian dilanjutkan dengan seleksi tingkat provinsi. Akhirnya, saya dipercaya untuk mewakili provinsi Kalimantan Selatan dalam kategori Sopran di Padus GBN 2024,” tutup Risma.