Helo Indonesia

Ridwan Kamil Jadi Juri Program Urban Planning Terbaik Dunia, Satu-satunya dari Indonesia

Ratu Mandiri - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 21 Juni 2024 04:27
    Bagikan  
RIDWAN KAMIL
Ist

RIDWAN KAMIL - Ridwan Kamil jadi juri tingkat dunia

HELOINDONESIA.COM - Ridwan Kamil (RK) mendapat kepercayaan menjadi satu-satunya  asal Indonesia untuk menjadi juri dalam ajang WORLD Resource Institute (WRI) Ross Center Prize for Cities 2023 - 2024 di New York, Amerika Serikat.

Gubernur Jawa Barat periode 2018 - 2023 itu tiba di New York City, Amerika Serikat (AS) Selasa, 18 Juni 2024. RK bakal menilai lima dari ratusan program urban planning yang diikutsertakan dalam WRI Ross Center Prize for Cities 2023 - 2024.

RK merupakan satu di antara tujuh juri yang dipilih secara langsung oleh WRI. Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu bersanding dengan beberapa nama tokoh besar lainnya seperti Stephen Ross yang memimpin dewan juri, Tatiana Bilbao, Jennifer Semakula Musisi, Harini Nagendra, Sheela Patel, dan Enrique Penalosa. Oleh WRI, Kang Emil diberi kepercayaan lantaran punya rekam jejak sebagai arsitek dan gubernur handal.

Baca juga: Diberi Opsi Maju Pilkada Jabar atau DKI, Ridwan Kamil Mau Fokus ke Wilayah Ini

Prestasi Kang Emil selama bertugas sebagai gubernur Jawa Barat juga diakui oleh WRI. ”Ridwan Kamil adalah gubernur Jawa Barat, Indonesia, dengan populasi lebih dari 50 juta orang,” tulis WRI pada laman resmi mereka.

WRI Ross Center Prize for Cities merupakan ajang yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan atas inisiatif dan kontribusi yang dilakukan untuk menghadirkan transformasi perkotaan yang inklusif dan berkelanjutan.

Semangat WRI Ross Center Prize for Cities adalah menginspirasi masyarakat global agar terus menghadirkan perubahan besar untuk berbagai kota di belahan dunia lewat cerita dan kisah perubahan transformatif yang memberi dampak besar. Karena itu, Kang Emil merasa bangga dan terhormat atas kepercayaan yang diberikan oleh WRI. ”Saya mendapat kehormatan menjadi juri yang mewakili Indonesia untuk memilih program urban planning terbaik se-dunia,” ujarnya.

Baca juga: Diberi Opsi Maju Pilkada Jabar atau DKI, Ridwan Kamil Mau Fokus ke Wilayah Ini

Tidak kurang 200 program diikutsertakan dalam WRI Ross Center Prize for Cities 2023 - 2024. Ratusan program itu berasal dari 148 kota dan 62 negara. Seluruhnya dikirim kepada WRI sejak 26 Juni 2023 - 26 September 2023.

Dari ratusan program tersebut, kini sudah ada lima besar yang bakal dipresentasikan secara langsung di hadapan para juri. ”Sayangnya belum ada dari Indonesia. Semoga kedepannya ada,” ungkap Kang Emil.