Helo Indonesia

Muri Kembali Serahkan Penghargaan pada Grebeg Besar Demak untuk Sajian Ancakan

Selasa, 18 Juni 2024 08:55
    Bagikan  
Muri Kembali Serahkan Penghargaan pada Grebeg Besar Demak untuk Sajian Ancakan

Penyerahan penghargaan rekor pada Grebeg Besar Demak dari perwakilan Muri Semarang, Sri Widayati kepada Bupati Eistianah. Foto: jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Pemkab Demak kembali mencatatkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada event Grebeg Besar 2024.

Dengan Ancakan Sajian Terbanyak serta Gunungan Terbanyak. Penyerahan penghargaan perwakilan dari Muri Semarang, Sri Widayati kepada Bupati Eisti'anah di pintu gerbang Makam Kadilangu, Senin 17 Juni 2024 setelah pelaksanaan penjamasan pusaka Sunan Kalijaga.

Baca juga: Disambut Meriah, Kirab Prajurit Patangpuluhan Kawal Uborampe Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga

Penghitungan Sego Ancakan dilakukan Muri pada saat Tradisi Ancakan yang merupakan sedekah dari ahli waris kadilangu kepada peziarah pada malam Idul Adha berjumlah 521 ancakan. Yang sesuai dengan usia kabupaten Demak. Penghargaan di berikan mengingat setiap tahunya hanya disediakan kurang lebih 300 ancakan.

Sri Widayati menyampaikan Muri memberikan apresiasi yang luar biasa atas kegiatan pengangkatan kearifan lokal ini.

" Kami mewakili Pendiri Muri Bapak Jaya Suprana mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa kegiatan tersebut resmi tercatat di Museum Rekor Indonesia, dan kami sampaikan disini kegiatan kali ini tidak hanya tercatat sebagai rekor nasional namun dikukuhkan sebagai rekor dunia,” imbuhnya.

Dievaluasi

Sementara itu, Bupati Eisti’anah dalam sambutannya mengatakan bahwa tradisi yang telah dibudayakan atau dijaga ini Insyaallah di tahun-tahun depan bisa dievaluasi demi mempersembahkan yang terbaik bagi seluruh masyarakat Kabupaten Demak.

Baca juga: Grebeg Besar Demak Tercatat di Rekor Muri, Kolaborasi Menjaga Pakem dan Inovasi

"Terimakasih kepada pihak kasepuhan, kemenag dan seluruh panitia yang memberikan hal yang terbaik, dan untuk Muri Indonesia semoga ke depannya kita dapat terus bekerjasama,” tambah Eisti’anah.

Sedangkan Kepala Dinparta, Endah Cahyarini menyampaikan terima kasih kepada bupati atas susur suwur dan sembur mencarikan, memberi dan mendoakan sehingga kegiatan Grebeg Besar 2024 ini dapat menjadi kegiatan prioritas.

Dirinya berharap semoga pariwisata di Kabupaten Demak semakin maju dan berhasil menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Demak.

Sebagai informasi pada tahun 2022 Grebeg Besar Demak mencatatkan rekor Mur jumlah iringan bendi terbanyak. Kemudian tahun 2023 mencatatkan rekor 1.444 porsi nasi pedhetan dan jamu coro. (Jati)