Helo Indonesia

Disambut Meriah, Kirab Prajurit Patangpuluhan Kawal Uborampe Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga

Selasa, 18 Juni 2024 06:30
    Bagikan  
Disambut Meriah, Kirab Prajurit Patangpuluhan Kawal Uborampe Penjamasan Pusaka Sunan Kalijaga

Prajurit Patangpuluhan yang mengawal Adipati Demak dan Uborampe penjamasan pusaka Sunan Kalijaga. Foto: jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Iring-iringan kirab prajurit Patangpuluhan yang mengawal Adipati Demak dan Uborampe penjamasan pusaka menarik perhatian publik sebagai puncak acara Grebek Besar Demak 2024.

Terbukti ribuan masyarakat berjajar rapi memenuhi kiri kanan jalan raya menyambut meriah. Dari Pendapa Kabupaten Demak hingga Makam Sunan Kalijaga sepanjang 3 km untuk menyaksikan prosesi adat tersebut.

Iringan prajurit Patangpuluhan yang berlangsung pada Senin 17 Juni 2024 merupakan bagian dari agenda tradisi prosesi penjamasan pusaka Kanjeng Sunan Kalijaga dan Ziarah. Yang telah menjadi agenda wisata budaya dan seni tahunan di Kabupaten Demak setiap tanggal 10 Dzulhijjah. 

Baca juga: Grebeg Besar Demak Tercatat di Rekor Muri, Kolaborasi Menjaga Pakem dan Inovasi

Prosesi diawali dengan penyerahan bokor berisi kembang setaman sebagai ubo rampe penjamasan oleh Adipati Bintoro Demak yang diperagakan Bupati Demak Eisti'anah kepada Ki Lurah Tamtomo untuk segera di bawa menuju Kadilangu. Dengan di kawal prajurit pilihan berjumlah 40 pasukan.
Untuk selanjutnya bokor tersebut akan di serahkan kepada Sesepuh Ahli Waris Kanjeng Sunan Kalijaga sebagai ubo rampe atau perlengkapan berziarah dalam prosesi penjamasan pusaka. 

Barisan Iringan

Dalam iring-iringan prajurit Patangpuluhan Bupati bersama Forkopimda dan pejabat lainnya berpakaian adat Jawa, untuk wanita memakai kebaya dan pria menggunakan beskap. Menaiki Dokar menuju makam Sunan Kalijaga untuk selanjutnya melaksanakan Ziarah. 

Pada iringan tersebut juga menampilkan Barongan Cahyo Utomo, Hadroh Zahrol Ulum Madinah, Rebana Nurun Nabi, Carnival Silvi, Drumband Dadung Awuk, Tari Keprajuritan, Rebana MAN Demak, serta Barongan Kademangan.

Baca juga: 521 Sajian dalam Tradisi Ancakan Catatkan Rekor Muri, Bupati Berharap Warga Demak Sejahtera

Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahya Rini menyampaikan untuk rombongan kereta forkopimda beserta pejabat berhenti di gapura Makan Kanjeng Sunan Kalijaga dan melaksanakan Ziarah kemudian iringan prajurit patangpuluhan yang di pimpin Ki Lurah Tamtomo dan Prawiro Tamtomo langsung menuju pendopo Notobratan untuk menyerahkan Ubo Rampe tersebut kepada pihak ahli waris kanjeng Sunan.

Sebelumnya pada Minggu malam (16/06/24), juga telah di berangkatkan iring-iringan tumpeng songo (9) dari Pendopo Kabupaten menuju Serambi Masjid Agung Demak. Namun untuk tahun ini lanjut Endah, selain tumpeng 9 juga ada gunungan hasil bumi sebanyak 90 gunungan. (Jati)