Helo Indonesia

Hasil Pemeriksaan, Ribuan Ternak di Rembang Dinyatakan Aman Jadi Hewan Kurban

Kamis, 13 Juni 2024 13:52
    Bagikan  
Hasil Pemeriksaan, Ribuan Ternak di Rembang Dinyatakan Aman Jadi Hewan Kurban

Petugas dari Dintanpan Rembang saat memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak menjelang Idul Adha

REMBANG, HELOINDONESIA.COM - Pemeriksaan kesehatan ribuan ekor hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha telah selesai dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Dari hasil pengecekan di berbagai sentra dan penampungan hewan di seluruh kecamatan, hewan-hewan tersebut dinyatakan dalam kondisi aman dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

Sebanyak 1.570 ekor hewan diperiksa, terdiri atas 314 ekor sapi, 802 ekor domba jantan, dan 454 ekor kambing jantan. Pemeriksaan ini dimulai sejak 2 Juni 2024 dan baru selesai pada 12 Juni kemarin. Tim Dintanpan bekerja keras dari pagi hingga malam untuk memastikan kesehatan hewan-hewan tersebut.

Baca juga: Mahasiswa FH USM Diberi Kesempatan Menulis Skripsi Soal Balai Harta Peninggalan

Kabid Peternakan Dintanpan Rembang, Lulu Rofiana, menyampaikan bahwa tidak ditemukan hewan yang mengidap penyakit berbahaya seperti Lumpy Skin Disease (LSD), Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), serta antraks. Namun, ditemukan dua ekor sapi yang masih memiliki bekas luka akibat LSD, tetapi sudah sembuh.

"Alhamdulillah, semua sehat. Hanya ada dua ekor sapi yang masih ada luka bekas LSD tetapi sudah sembuh dan belum terjual. Walaupun begitu, mereka tetap aman untuk dijadikan kurban karena luka tersebut hanya bekas," ungkap Lulu, dalam keterangan tertulisnya Kamis 13 Juni 2024.

Pastikan Kualitas

Pemeriksaan kesehatan hewan ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kualitas hewan kurban yang akan diserahkan oleh masyarakat. Selain pemeriksaan menjelang Idul Adha, petugas kesehatan hewan juga akan terjun kembali ke lapangan untuk memantau pelaksanaan penyembelihan dan pengecekan daging kurban.

Baca juga: Idul Adha 2024 Sebentar lagi, Berikut Tips Makan Sate Kambing yang Aman

"Pada hari raya kurban, kami juga menerjunkan seluruh tim untuk pengawasan hewan kurban dan pemeriksaan post mortem. Nantinya, kami sekalian melaporkan jumlah ternak yang digunakan untuk kurban," tandas Lulu.

Dengan adanya pemeriksaan ini, diharapkan masyarakat dapat merasa tenang dan yakin bahwa hewan kurban yang mereka beli dan serahkan dalam kondisi sehat dan sesuai dengan syariat Islam. (Aji)