bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Basarnas Semarang Gelar Pelatihan SAR di Medan Gunung dan Hutan

Minggu, 9 Juni 2024 06:25
    Bagikan  
Basarnas Semarang Gelar Pelatihan SAR di Medan Gunung dan Hutan

Para rescuer sedang menjalani pelatihan SAR untuk medan gunung dan hutan. Foto: basarnas smg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang atau Basarnas Semarang menyelenggarakan latihan SAR satuan Pencarian dan Pertolongan dengan skema untuk medan gunung dan hutan bagi para pranata Pencarian dan Pertolongan atau rescuer Basarnas Semarang pada Jumat 7 Juni 2024.

Kegiatan latihan ini di selenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 5 hingga 7 Juni 2024 dengan materi kelas bertempat di ruang rapat Kantor SAR Semarang dan aplikasi lapangan di bukit Desa Medini, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Latihan SAR satuan ini sendiri diikuti oleh 25 rescuer dengan instruktur berjumlah 5 orang dari internal Basarnas Semarang sendiri.

Baca juga: VIRAL VIDEO 4 Orang yang Terkapar Dikeroyok Warga Pati Dikira Maling Mobil Ternyata Bos Rental Mobil Asal Jakarta

"Kegiatan latihan SAR satuan Gunung Hutan ini bertujuan meningkatkan kompetensi di bidang Search dan Rescue di gunung hutan dan juga untuk menguji respon time dalam memberikan pelayanan SAR untuk masyarakat yang membutuhkan,'' kata Kepala Kantor SAR Semarang Budiono.

Budiono juga nenekankan perlunya dipahami bersama bahwa kondisi di gunung dan hutan sangat luas dengan kondisi jalur yang terjal maka perlu membutuhkan tenaga fisik dan mental yang kuat , kegiatan di gunung hutan harus dilakukan secara terencana dan matang.

Baca juga: Sekolah Jurnalistik Angkatan XIX Digelar, PWI Jateng Apresiasi Konsistensi FH Unissula

"Kepada instruktur yang saya banggakan berikan materi pengetahuan dan keterampilan kepada peserta secara profesional , berkualitas dan jangan lupa safety prosedur. untuk para peserta yang saya banggakan laksanakan kegiatan latihan secara sungguh- sungguh, ikuti , pahami materi yang diberikan oleh instruktur dan jangan lupa jaga kesehatan,'' imbuhnya

Ada beberapa materi pengetahuan yang diberikan diantaranya praktek navigasi darat, komunikasi lapangan , manajemen posko, Explor SAR, penggunaan GPS, slove tandu darurat dan simulasi pencarian dan pertolongan. (Aji)