Helo Indonesia

Tim FE USM Beri Pendampingan Literasi Keuangan pada Pelaku UMKM Kelurahan Sumurboto

Minggu, 26 Mei 2024 12:04
    Bagikan  
Tim FE USM Beri Pendampingan Literasi Keuangan pada Pelaku UMKM Kelurahan Sumurboto

Tim Fakultas Ekonomi USM berpose bersama pelaku UMKM Kelurahan Sumurboto, Kota Semaramg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (PkM FE USM) memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM di Aula Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM USM diketuai Windasari Rachmawati SE MM, anggota Dr Abdul Karim SE, MSi Akt CA, Novianto Noegroho SE MM. Mereka dibantu dua mahasiswi Fakultas Ekonomi USM yaitu Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.

Ketua Tim PkM USM, Windasari Rachmawati SE MM mengatakan, dalam mkegiatan, pihaknya memberikan pemahaman literasi keuangan kepada pelaku UMKM.

Baca juga: Liga Taekwondo Cadet Piala Rektor USM, Kota Semarang Koleksi Lima Medali Emas

Tujuan kegiatan adalah meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM di Kelurahan Sumurboto dalam mengatasi pemahaman literasi keuangan agar umkm menjadi bankable.

Selain itu juga mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, Pemerintah dan masyarakat.

''Kami berharap, dengan mengoptimalkan pengenalan literasi keuangan produk UMKM menjadi lebih berkembang dalam segi kapasitas dan keuntungannya melalui pemahaman literasi keuangan pada UMKM di Kelurahan Sumurboto,'' katanya.

Direspons Baik

Dia mengatakan, kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Respons para peserta cukup baik. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan serta ketertarikan peserta dalam pemahaman keuangan tersebut.

''Peserta menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan,'' ujarnya.

Baca juga: Wisata Telomoyo Nature Park, Nikmati Sejuknya Udara Pegunungan di Magelang

Dalam PkM ini mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan literasi keuangan seperti financial technology.

Mereka juga memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM terkait pembuatan laporan keuangan yang baik sehingga dipercaya oleh perbankan dalam peminjaman dana.

''Selain itu dengan konsep fintech UMKM juga semakin mudah dalam akses peningkatan keuantungan,'' ungkapnya. (Aji)