Helo Indonesia

Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Demak Periksa Kelaikan Bus Wisata

Sabtu, 18 Mei 2024 15:58
    Bagikan  
Antisipasi Kecelakaan, Satlantas Polres Demak Periksa Kelaikan Bus Wisata

Petugas gabungan Satlantas Polres Demak, Dinas Perhubungan serta PT Jasa Raharja saat periksa kelaikan jalan bus pariwisata di Terminal Kadilangu Demak. Foto: Jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Satlantas Polres Demak bersama instansi terkait yaitu Dokkes Polres Demak, PT Jasa Raharja dan Dinas Perhubungan, mengintensifkan pemeriksaan (Ramp Check) bus pariwisata yang beroperasi di daerah Kab. Demak guna meminimalkan risiko kecelakaan.

"Pengecekan akan kami lakukan secara rutin dan komprehensif, baik dari aspek kelaikan kendaraan maupun kesehatan sopir bus wisata itu sendiri," kata Kasatlantas Polres Demak, AKP Lingga Ramadhani, Sabtu 18 Mei 2024.

Baca juga: Terpeleset Saat Mancing, Remaja Tewas Tenggelam di Embung Ringinarum Kendal

Kegiatan ramp check dilakukan langsung di lokasi terminal Bus Pariwisata kadilangu Demak. Pemeriksaan dilakukan ke sejumlah angkutan Bus pariwisata yang parkir di terminal Pariwisata Kadilangu Demak.

Dalam kegiatan itu, petugas melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan, mulai dari pengecekan mesin, lampu, spion, alur ban, pengereman hingga sistem kemudi.

Selain itu juga pengecekan soal sarana penunjang keselamatan seperti P3K, APAR, alat pecah kaca jika terjadi emergency serta administrasi kendaraan.

Baca juga: Pilwakot Semarang 2024: Akar Rumput PDIP Solid Dukung Mbak Ita

"Sedangkan untuk pengemudi pemeriksaan meliputi cek tensi darah dan urine, untuk mematikan tidak sedang dalam pengaruh minuman keras atau narkoba dan obat-obatan terlarang. Serta memiliki SIM sesuai dengan kendaraan berikut pemahaman tentang tertib berlalu lintas," ujarnya.

Kegiatan tersebut bagian dari upaya Satlantas Demak bersama jajaran Dinas Perhubungan dan PT Jasa Raharja dalam mencegah risiko kecelakaan fatal rombongan wisata, seperti halnya belum lama dialami rombongan study tour pelajar di Subang, Jawa Barat. (Jati)