Helo Indonesia

Viral Randis Wali Kota BL Belum Bayar Pajak,Ternyata Mobilnya Sudah Didem Herman HN

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 9 Mei 2023 20:31
    Bagikan  
Saat masih wali Kota Bandarlampung, Herman HN pernah memindahkan plat mobil dinasnya ke Toyota Agya
Saat masih wali Kota Bandarlampung, Herman HN pern

Saat masih wali Kota Bandarlampung, Herman HN pernah memindahkan plat mobil dinasnya ke Toyota Agya - Saat masih wali Kota Bandarlampung, Herman HN pernah memindahkan plat mobil dinasnya ke Toyota Agya (Foto Ist/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Toyota Land Cruiser plat hitam BE-1-A buatan tahun 2015 yang viral menunggak pajak setahun lebih ternyata bekas Kendaraan Dinas (Randis) Wali Kota Bandarlampung (BL) yang sudah didem (dump) Herman HN.

"Itu mobil pribadinya Pak Herman HN, sekarang lagi diurus pembayaran pajaknya, bukan Pemkot yang bayar," kata Kabag Umum Pemkot Bandarlampung Yusnadi kepada "Helo Indonesia Lampung", Selasa (9/5/2023).

Radis yang sudah didem itu viral dikira masih milik Pemkot Bandarlampung. Tunggakkan pajaknya senilai Rp15.708.475 jatuh tempo 29 Agustus 2021 atau terlambat 1 tahun 8 bulan 9 hari.

Ketika masih jadi Wali Kota Bandarlampung, Herman HN pernah memasang plat merah BE-1-A itu ke Toyota Agya sebagai kendaraan dinas dalam kota.

Radis yang dipakai wali kota saat ini, Eva Dwiana yang juga isteri Herman HN adalah Toyota Alphard warna hitam plat merah BE-9-A. Herman HN mantan wali Kota Bandarlampung dua periode sebelum istrinya.

Kendaraan yang kadang-kadang digunakan untuk kendaraan dinas tersebut berplat nomor BE 1 A warna hitam metalik yang pembayaran pajaknya jatuh tempo 29 Agustus 2021 dengan keterlambatan 1 Tahun 8 Bulan 9 hari.

Radis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan randis wakilnya, Chusnunia Chalim alias Nunik justru yang terlambat sebulan bayar pajak.

Dikonfirmasi "Helo Indonesia Lampung", Selasa (9/5/2023), Karo Umum Pemprov Lampung Muhammad Yuliardi, S.STP, MSI membenarkan hal itu. Diakuinya, pihaknya teledor dan langsung dibayar hari ini juga.

"Memang ada keteledoran dari kami dan staf. Tapi tadi pagi, sudah langsung dibayar dan saat ini sudah selesai, tidak ada yang menunggak lagi," katanya via whatsapp.

Dari Info Pajak Kendaraan Bermotor Lampung, mobil dinas gubernur jeep Mercedes Benz type GLS400 (X166) A/T CKD tahun 2017 menunggak Rp.8.526.340 dan jatuh tempo 7 April 2023.

Mobil dinas wakil gubernur menunggak pajak Rp5.523.340 dan jatuh tempo 4 April 2023.

Saat ini, Pemprov Lampung sedang memberikan diskon pajak kendaraan bermotor, bebas bea balik nama (BBN2) dan denda pajak serta diskon pokok tunggakan pajak pada April hingga September 2023. (Hajim)