bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Temu Alumni, Khofifah Ajak IKA Unair Jateng Jadi Bagian Percepatan Indonesia Emas

Rabu, 1 Mei 2024 19:47
    Bagikan  
Temu Alumni, Khofifah Ajak IKA Unair Jateng Jadi Bagian Percepatan Indonesia Emas

Ketua Umum PP IKA Unair Khofifah Indar Parawansa saat hadir di acara halalbihalal yang digelar Keluarga Besar IKA Unair wilayah Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Airlangga (PP IKA Unair), Dr (HC) Hj Khofifah Indar Parawansa mengajak semua lini anggota IKA Unair Wilayah Jawa Tengah untuk bisa memberikan kontribusi optimal bagi percepatan program Indonesia Emas dari 2045 menjadi tahun 2034, khususnya pada bidang pendidikan.

Penegasan tersebut disampaikan Khofifah dalam Temu Alumni dan Halalbihalal Keluarga Besar IKA Unair Wilayah Jateng  di Hotel Grasia Semarang, Rabu 1 Mei 2024.

Menurut mantan gubernur Jatim itu, Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak telah menuangkan konsep percepatan tersebut dalam buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Indonesia Maju 2034 atas permintaan Presiden Jokowi saat  pertemuan Forum Rektor Indonesia (FRI),  sebelum pergantian forum rektor dari Unair ke Unesa.

Baca juga: Kompetisi Talenta, USM Turunkan Dua Tim pada Ajang KBMK 2024

''Kita ingin bagaimana pendidikan maju di tahun 2034. Berarti ada percepatan 11 tahun. Ini sebenarnya konsep baru, dan kami diberi izin oleh Pak Nasih untuk menyerahkan ke IKA Unair Jawa Tengah,  sebagai menerima buku pertama. Kita berharap akan ada bedah konsep dengan menghadirkan significant person. Mereka tak hanya berasal dari Unair, tapi juga ormas, perguruan tinggi, dan pengambil keputusan dari berbagai lembaga pendidikan,’’ tambahnya.

 Untuk bedah konsep buku tersebut, rencananya akan dilakukan untuk kali pertama pada 14 Mei 2024 di Jakarta, kemudian di Medan lalu di Makasar setelah itu di Jawa Tengah.

 ‘’Ini baru sektor pendidikan. Sektor lain, harapan kami, IKA Unair wilayah Jateng bisa membantu konsep untuk pengembangan UMKM, termasuk digital ecosystem-nya. Jack Ma (pendiri Alibaba, e-commerce terbesar di Tiongkok tahun 1999) mengatakan, pada tahun 2030 nanti, 80 persen ekonomi dunia akan dikuasai oleh UMKM,’’ tandas mantan menteri sosial itu.

Baca juga: Cara Mengatasi Kekecewaan untuk Menghindari Stress dan Menjaga Kesehatan Mental

Khofifah datang bersama sejumlah pengurus teras PP IKA Unair. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor Bidang Pendidikan Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni  Unair Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto DEA Drh,  Ketua PW IKA Unair Jawa Tengah dr Muhamad Taufiqy Setyabudi SpOG Subsp.Obginsos,  sesepuh IKA Unair Jateng oleh Prof Dr Sugeng Wahyudi, MM, Ketua Panitia Dr Khamdi Ali Nasrun MCH, serta pengurus bersama ratusan anggota PW IKA Unair Jateng.

Memajukan Kampus

Pada kesempatan itu, Khofifah juga menyerahkan SK  Pengurus Cabang IKA Unair Solo dan buku Pokok Pikiran Unair  Jalan Menuju Indonesia Maju 2034 kepada Ketua PW IKA Unair Jawa Tengah dr  Muhamad Taufiqy.

Wakil Rektor Unair Prof Bambang Sektiari menyampaikan terima kasih kepada IKA Unair yang telah berkontribusi terhadap kampus. Keberadaan IKA Unair juga ikut membantu ikut memajukan kampus.

 Dia juga juga menyampaikan berbagai kemajuan dan prestasi yang sudah diraih kampus Unair dalam beberapa tahun terakhir, baik itu prestasi tingkat nasional maupuan internasioanl, termasuk rangking Unair saat ini.

Acara halalbihalal makin sejuk dengan wejangan dari sesepuh IKA Unair Jateng Prof Sugeng Wahyudi. Dia mengajak para alumni untuk bahagia dan rendah hati. Ada tiga indikator terkait sikap rendah hati, yaitu berbuat kebaikan di dalam keadaan lapang dan sempit, bisa menahan amarah, dan mau memaafkan kan orang lain. (Aji)