Helo Indonesia

Sisihkan 12 Peserta, Mahasiswa Psikologi Prita Febriani Juara Pilmapres USM

Selasa, 26 Maret 2024 10:42
    Bagikan  
Sisihkan 12 Peserta, Mahasiswa Psikologi Prita Febriani Juara Pilmapres USM

Mahasiswa S1 Psikologi Prita Febriani saat menerima hadiah Pilmapres yang diserahkan Wakil Rektor III USM, Muhammad Junaidi

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Mahasiswa S1 Psikologi Prita Febriani tampil sebagai juara dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Semarang (Pilmapres USM) di Ruang Sidang Modern, Gedung Menara Lt 9 USM, baru-baru ini.

Prita berhasil menyisihkan 12 peserta lain untuk menjadi yang terbaik.

Urutan kedua diraih Fitrya Nur Rany dari S1 Akuntansi, disusul Anggi Farika Sari dari S1 Sistem Informasi di posisi ketiga. Adapun program Diploma Rudhericus Satrio Tedjo Utomo meraih juara 1 program Diploma.

Baca juga: Jateng Halal Vaganza 2024, Nana Ingin Industri UMKM Ramah Muslim Berkembang

Kegiatan diikuti 13 mahasiswa terbaik hasil seleksi masing-masing program studi (prodi). Mereka adalah Fitrya Nur Rany dari prodi S1 Akuntansi, Anggi Farika Sari (Prodi S1 Sistem Informasi), Prita Febriani (Prodi S1 Psikologi), Ibnu Dwi Setioko (Prodi S1 Pariwisata), Eudia Beta Christy (Prodi S1 Manajemen), Prasdika Maulana (Prodi S1 Perencanaan Wilayah & Kota), Dyah Ayu Rizka Wulandari (Prodi S1 Ilmu Hukum).

Selanjutnya Ribka Dewi Pertiwi (Prodi S1 Teknologi Hasil Pertanian), Marcelynda Ladya Hartono (Prodi S1 Ilmu Komunikasi), Dimas Alvian (Prodi S1 Teknik Sipil), Antonius Sugiarto (Prodi S1 Teknik Informatika), Muhammad Abid Athourrohman (Prodi S1 Teknik Elektro), sedangkan dari program Diploma Rudhericus Satrio Tedjo Utomo.

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, pemilihan mahasiswa berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahun.

Baca juga: Ciptakan Kenyamanan Ibadah, Unilever - DMI Gelar Gerakan Masjid Bersih di MAJT


''Pilmapres merupakan momentum yang dibuat setiap setahun sekali untuk menyiapkan salah satu delegasi kita baik S1 maupun D3 di ajang nasional,'' ujarnya.

Di hadapan para juri yang berkompeten, para peserta mempresentasikan karya-karya ilmiah terbaik mereka.

''Selain membuat karya ilmiah, juga harus pandai speaking english, dan banyak hal yang harus disiapkan,'' katanya.

Parameter

Dia mengatakan, Dewan Juri mempunyai parameter di antaranya kompetensi, karya-karya, kemampuan mahasiswa dalam beradaptasi, dan prestasi yang diunggulkan.

Mahasiswa dalam menyelesaikan karya ilmiah atau penelitian didampingi oleh dosen fakultas.

Baca juga: Balap Liar di Kendal Makin Marak, 25 Sepeda Motor Diamankan Polsek Pegandon

''Pada tingkat universitas dilakukan seleksi kemudian hasilnya dikirimkan ke tingkat regional Jawa Tengah, kemudian tingkat nasional,'' jelasnya.

Setiap Program studi, katanya, mengirimkan satu perwakilan mahasiswa.

Menurutnya, pada pilmapres kali ini ada 3 kategori juri yang terlibat, yaitu juri eskternal dari Undip, Susatyo Nugroho Widyo Pramono ST MM, juri internal Harmini ST MEng, Dr Andi Kurniawan ST MT, Dr Wafda Vivid Izziyana SH MH, dan Jouhanis Souisa SE MM.

Selain itu ada verifikator untuk penjurian capaian unggulan dari peserta yaitu Nurtriana Hidayati SKom MKom, Dr Yuliyanto Budi Setiawan SSos MSi, dan Laurene Istiyawari SE MM.

''Nanti yang akan diambil sebagai mahasiswa berprestasi hanya 1 dari S1 dan 1 dari D3,'' tandasnya.

Bagi mahasiswa yang lolos seleksi, katanya, pihaknya akan memberikan reward, baik yang lolos di tingkat tahap regional maupun nasional.

Dia berharap, ada mahasiswa USM yang mampu berprestasi di tingkat nasional. Hal itu akan membawa nama harum kampus USM.

''Kami berpesan, para peserta yang lolos ke tingkat regional agar mempersiapkan diri dengan baik supaya dapat membawa nama baik USM di tingkat nasional,'' ungkapnya. (Aji)