Helo Indonesia

Beri Apresiasi Ramadan Fest 2024 di MAJT, Prof Noor Achmad: Kualitas Peserta Membanggakan

Minggu, 24 Maret 2024 22:29
    Bagikan  
Beri Apresiasi Ramadan Fest 2024 di MAJT, Prof Noor Achmad: Kualitas Peserta Membanggakan

Salah satu peserta dalam lomba Dai-Qu yang digelar MAJT

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Agenda Ngabuburit Asyik dan Ramadan Fest 2024 yang digelar tingkat nasional oleh Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan 2024 di Plaza MAJT, Semarang, pada Minggu 24 Maret 2024, menuai apresiasi.

Ketua PP MAJT Prof Dr KH Noor Achmad MA yang menyaksikan langsung penampilan Finalis Ngabuburit Asyik dan Ramadan Fest 2024 menyampaikan rasa syukur atas penyelenggaraan, dan bangga dengan kualitas yang diperlihatkan peserta.

Terdapat tiga cabang kategori yang dilombakan dalam Ngabuburit Asyik dan Ramadan Fest 2024, yaitu murottal, Dai-Qu dan musik Islami.

Alhamdulillah, kualitas para peserta sungguh luar biasa dan membanggakan. Saya baru kali ini bisa menyaksikan langsung penampilan para peserta, ternyata bagus-bagus. Tahun kemarin hanya menerima laporan saja,” kata Prof Noor Achmad, yang juga Ketua Baznas Pusat itu.

Baca juga: Catat! Mudik Bareng Gratis ke Jatim Berangkat Dari Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta 5 April 2024

Dia meminta agar kegiatan Ngabuburit Asyik dan Ramadan Fest seperti digelar lebih besar lagi tahun-tahun mendatang. Untuk kategori lombanya juga ditambah satu menjadi empat, yaitu Qiroah.

Event yang semarak di MAJT itu, diikuti ratusan pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat dan mahasiswa. Tahun ini, merupakan penyelenggaraan yang kedua.

Ketua panitia, Prof Dr KH Ahmad Izzuddin mengatakan ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

"Ada 604 peserta lebih telah mendaftar, selanjutnya diseleksi secara online melalui mekanisme penjurian hingga tersisih 150 peserta," katanya.

Baca juga: Dies Natalis ke-70, GMNI Kota Wali Berbagi Takjil

Kemudian dari 150 peserta tersebut diseleksi lagi hingga tersisa 15 peserta dari seluruh Indonesia sebagai finalis dari masing-masing cabang perlombaan.

Prof Izzuddin menjelaskan peserta yang masuk sebagai finalis antara lain berasal dari Medan, Palangkaraya, Banyuwangi, serta beberapa daerah di Jateng.

Beberapa di antaranya, Cilacap, Banjarngera, Wonosobo, kebumen, Kudus, Demak, Jepara, Kendal, Batang, Tegal dan Kota Semarang.

"Acara dimulai sejak 14 Maret 2024. Final Ramadhan Fest dilaksanakan setiap sore selama 15 hari dalam rangkaian acara Ngabuburit Asyik," terangnya.

Sekretaris MAJT KH Muhyiddin juga menyampaikan mengapreasiasi atas terlaksananya Ngabuburit Asyik dan Final Ramadan Fest 2024. Hadir dalam pembukaan acara tersebut Wakil Rektor 2 Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) Dr Guruh Fajar Shidik, Direktur Operasional TVKU Semarang Heri Pamungkas.

Kemudian Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Jateng Hery Nugroho serta perwakilan Rohis dari SMA dan SMK se Kota Semarang. (Aji)