Helo Indonesia

30 Tahun Menanti, Kendal Terima Penghargaan Sertifikat Adipura

Rabu, 6 Maret 2024 08:06
    Bagikan  
30 Tahun Menanti, Kendal Terima Penghargaan Sertifikat Adipura

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat menerima sertifikat Adipura

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Setelah menanti selama kurang lebih 30 tahun Kabupaten Kendal, Jateng, akhirnya menerima Penghargaan Sertifikat Adipura 2023 Kategori Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basukidi Auditorium Gedung Manggala Wanabakti KLHK Jakarta, Selasa 5 Maret 2024.

Baca juga: Tim UKM Sepak Bola USM Juarai Trofeo USM 2024

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan, penghargaan Adipura ini adalah sebuah prestasi bagi Kabupaten Kendal dan Dinas Lingkungan Hidup yang telah berjuang untuk mendapatkannya.

"Karena terakhir kita mendapatkan penghargaan Adipura adalah 30 tahun lalu. Harapannya kita dapat mempertahankan dan dapat meningkat menjadi Adipura Kencana," ungkap Wabup Kendal.

Apresiasi

Dirinya juga sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran di lingkungan Pemerintahan di Kabupaten Kendal dan masyarakat, sehingga bisa mendapatkan sertifikat penghargaan Adipura 2023 kategori Kota Kecil.

Baca juga: Mbah Kusmin, Wong Pinter dari Pati yang Didatangi Caleg untuk Minta Nasihat Spiritual

"Kita memberikan apresiasi, terima kasih peran aktif dari masyarakat sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan Adipura dari pemerintah pusat," tandasnya.

Kepala DLH Kendal, Aris Irwanto mengaku bersyukur setelah tahapan proses penilaian akhirnya Kabupaten Kendal bisa mendapatkan penghargaan Sertifikat Adipura tersebut.

"Ini merupakan hadiah untuk kepemimpinan Pak Bupati dan Pan Wakil Bupati yang selalu memberikan motivasi bahwa kerja itu harus inovatif dan kolaboratif. Dan dengan kolaboratif inilah akhirnya kita bisa meraih anugrah Adipura ini," beber Aris Irwanto.

Aris memaparkan, pada penghargaan Adipura ini, Kabupaten Kendal langsung mendapatkan sertifikat Adipura. Adapun Sertifikat Adipura diberikan kepada Kabupaten/Kota yang memiliki peningkatan nilai Adipura lebih dari 3 point dari nilai tahun sebelumnya, dengan kata lain Kab/kota tersebut memiliki peningkatan kinerja.

Baca juga: Menteri Israel Sebut Penghapusan Bulan Ramadhan, Muslim Pastina Dibatasi Masuk Masjid Al-Aqsa

"Ini menjadi kebanggaan kita, pertama kali kita masuk nominasi dan langsung mendapatkan sertifikat Adipura," paparnya.

Ditambahkan, penghargaan Sertifikat Adipura sebagai penghargaan bagi kabupaten/kota yang memiliki upaya, atas kinerja pengelolaan sampah di sumbernya dengan baik.

"Sebelumnya dari Kementerian LH telah melakukan penilaian di lingkungan perkantoran, sekolah, perumahan, pasar, terminal, bank sampah, sungai, tempat pelayanan kesehatan, hingga tempat pembuangan akhir (TPA) sampah," imbuh Aris.

Penghargaan Adipura tahun 2023 memiliki tiga klasifikasi diantaranya Adipura Kencana diraih 5 Kabupaten/Kota, Anugrah Adipura diraih 106 Kabupaten/Kota dan Sertifikat Adipura diraih 53 Kabupaten/Kota. (Anik)