Helo Indonesia

Delapan Negara Siap Ramaikan Kompetisi Pidato Internasional USM ISSCO 2024

Selasa, 5 Maret 2024 17:51
    Bagikan  
Delapan Negara Siap Ramaikan Kompetisi Pidato Internasional USM ISSCO 2024

PEMBUKAAN: Wakil Rektor 3 USM Dr Muhammad Junaidi SHI MSH melakukan foto bersama setelah pembukaan. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Sebanyak delapan negara bakal meramaikan kompetisi pidato antarmahasiswa bertaraf internasional tentang SDGs yang digelar Universitas Semarang bertajuk ''USM International SDGs Student Competition 2024''.

Untuk babak seleksi 10 besar akan dimulai 17-20 Maret, dan babak  final dengan mengambil lima peserta  akan berlangsung 22 Maret 2024. Acara pembukaan atau Opening Ceremony untuk USM ISSCO 2024 sendiri sudah berlangsung pada 28 Februari 2024 lalu. Pendaftaran masih dibuka hingga 16 Maret di link: bit.ly/USM-ISSCO-2024.

Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, mengungkapkan, delapan negara yang siap mengirimkan peserta di antaranya  Filipina, Cina, Malaysia, Kanada, Ghana, dan Indonesia.

"Ini adalah kesempatan emas bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk mengasah kemampuan berbicara di depan publik dan menyumbangkan ide mereka untuk pembangunan berkelanjutan," jelas Muhammad Junaidi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/3/2024_.

Pandangan

Kompetisi ini merupakan speech competition, yang menitikberatkan pada kemampuan peserta untuk berbicara dengan efektif dan memberikan pandangan terhadap isu-isu Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya Goal ke-4, yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Para peserta dan pemenang akan diberikan berbagai penghargaan, di mana semua peserta akan menerima sertifikat, dan 20 besar akan mendapatkan tambahan merchandise.

Selain itu, beberapa juara uang diperebutkan adalah Champion, 1st Runner Up, 2nd Runner Up, 3rd Runner Up, Quarter Finalist, The Best Topic 1, The Best Topic 2, The Best Issue 1, The Best Issue 2, The Best Visual 1, The Best Visual 2, The Best Speech Technique 1, The Best Speech Technique 2, Judges Choice, Committee Choice 1, Committee Choice 2, Asia Favorite, US Favorite , Africa Favorite, Europe Favorite, The best dresscode, dan The best performance.

''Kami berharap, kegiatan ini dapat berlangsung dengan sukses dan mendorong USM menjadi lebih unggul di kancah internasional,'' katanya.

ISSCO merupakan salah satu dari serangkaian lomba internasional yang diselenggarakan USM, yang juga mencakup kompetisi fotografi, debat, dan desain prototype.

Pendaftaran untuk ISSCO terbuka secara gratis, dan untuk informasi lebih lanjut calon peserta dapat menghubungi Laurene Istiyawari di nomor 081918777156. (ADE)