Helo Indonesia

Mengulik Prestasi MAN 1 Kota Semarang, Peraih Penghargaan PWI 2024 Bidang Pendidikan

Rabu, 28 Februari 2024 05:52
    Bagikan  
Mengulik Prestasi MAN 1 Kota Semarang, Peraih Penghargaan PWI 2024 Bidang Pendidikan

Kepala MAN 1 Kota Semarang Tasimin (berpeci) saat menerima Anugerah PWI 2024

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang menerima Anugerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tahun 2024 bidang pendidikan dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Ecovention, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, 20 Februari lalu. Penghargaan tersebut diterima Kepala MAN 1 Kota Semarang H Tasimin SAg MSi.

Pemberian anugerah disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memberikan sambutannya dan menyempatkan untuk berfoto bersama para insan dan perwakilan institusi yang memperoleh pengharagaan anugerah PWI 2024.

Baca juga: Penyalahgunaan Narkoba di Kendal Meningkat, Kepala BNN Jateng Ajak Perangi Bersama

MAN 1 Kota Semarang yang diusulkan oleh PWI Jawa Tengah dalam ajang anugerah tersebut memang tak lepas dari deretan prestasi yang diukir dalam bidang riset dan inovasi di bidang pendidikan.

Tasimin mengatakan syukur atas penghargaan yang diraihnya dan berharap penghargaan ini memberikan motivasi untuk semakin meningkatkan prestasi MAN 1 Kota Semarang di kancah nasional maupun internasional. Dia menyebut, penghargaan PWI diraih berkat support semua lini di sekolah beralamat di Kecamatan Pedurungan ini.

Alhamdulillah atas Anugerah PWI 2024 ini. Saya berharap prestasi ini memebrikan motivasi kepada civitas akademika MAN 1 Kota Semarang untuk meningkatkan prestasi di kancah nasional maupun inernasional,” kata dia dalam rilisnya Selasa 27 Februari 2024.

Sejumlah prestasi yang dibukukan MAN 1 Kota Semarang yaitu selama kurun waktu 2023 sampai awal tahun 2024, telah berhasil dalam prestasi di bidang inovasi teknologi khususnya di bidang riset dan robotika.

Baca juga: Usman Ependi Raih Gelar Doktor Sistem Informasi Undip dengan Predikat Cumlaude

Beberapa prestasi di bidang riset dan robotika tingkat nasional dan inetransional diantaranya, meraih medali perak dalam lomba internasaional Robotika AI Robo Challenge di korea, lalu membuat Robot yang berjudul Automatic Green house (AIG) yang bermanfaat di bidang pertanian.

Selanjutnya Medali Emas Lomba Robotik tingkat International di Korea Selatan “International Youth Robotic Competition (IYRC)” dengan menciptakan Covid Hero yang bermanfaat bagi kegiatan belajar mengajar saat wabah Covid-19.

Selain itu prestasi lain adalah Medali Emas Lomba Robotik tingkat Asia Tenggara di Singapura “Asian Youth Robot Olympiad (AYRO)” pada tanggal 23-24 April Tahun 2021 dengan membuar robot yang berjudul My Boo My Boo. Robot ini dirancang untuk menemani anak-anak bermain di rumah selama pandemi agar tidak stres. (Aji)