Helo Indonesia

SMKN Boarding dan Semi Boarding Jateng Buka Pendaftaran, Bakal Terima 777 Siswa

Sabtu, 24 Februari 2024 10:24
    Bagikan  
SMKN Boarding dan Semi Boarding  Jateng Buka Pendaftaran, Bakal Terima 777 Siswa

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan kuota 777 orang peserta didik baru SMK Negeri boarding dan semi boarding Jateng, pada Tahun Ajaran 2024/2025. Para calon siswa diberi kesempatan mendaftar hingga 19 Maret 2024 mendatang.

SMK Negeri boarding dan semi boarding merupakan program beasiswa pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng, khusus bagi siswa dari keluarga tidak mampu. Calon siswa lulus SMP/ MTs sederajat dengan usia maksimal 21 tahun per 17 Juli 2024.

Baca juga: Batu Angkruk Dieng, Pesona Keindahan Negeri di Atas Awan

“Rencana kami akan menerima peserta didik baru sebanyak 777 siswa. Jadi kuota siswa yang diterima nanti akan kami bagi. Meliputi tiga SMK boarding dan 15 SMK semi boarding,” kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, di Kantor Gubernur, Kamis 22 Februari 2024 lalu.

Ditambahkan dia, tiga SMK boarding meliputi SMK Negeri Jateng di Semarang, Pati, dan Purbalingga. Sedangkan, 15 SMK semi boarding adalah SMKN 2 Rembang, SMKN 1 Jepon, SMKN 1 Wirosari, SMKN 1 Kedawung, SMKN 2 Wonogiri, SMK N 1 Tulung.

Selanjutnya SMKN 1 Demak, SMKN 1 Randudongkal, SMKN 1 Purworejo, SMK N 1 Alian, SMKN 2 Wonosobo, SMKN 1 Punggelan, SMKN 1 Kalibagor, SMKN 2 Cilacap, dan SMKN 1 Tonjong.

Baca juga: Keindahan Pantai Mliwis, Pesona Manis Pesisir Kebumen yang Romantis

Nana menegaskan, calon siswa yang menempuh pendidikan di SMK Negeri boarding dan SMK semi boarding tidak dipungut biaya. Mulai dari seluruh proses pendaftaran, biaya pendidikan, hingga gratis biaya hidup bagi siswa yang diasramakan atau boarding.


]Pendidikan Vokasi

Menurutnya, Pemprov Jateng berkomitmen memperkuat program pendidikan vokasi di SMK, termasuk di SMK boarding dan SMK semi boarding. Di samping untuk memutus rantai kemiskinan, juga bertujuan menunjang kebutuhan sumber daya manusia, bagi perusahaan-perusahaan yang menanamkan investasi di Jateng.

Baca juga: Durian Lokal Semarang Berpotensi Tembus Pasar Ekspor

“Insyaallah investasi di Jateng tahun 2024 akan ada suatu peningkatan. Beberapa perusahaan, baik itu dari investor lokal maupun investor asing, akan mendirikan perusahaan-perusahaan di Jateng ini,” tandas Nana.

Dikatakan, penguatan program pendidikan vokasi juga didasari banyak masukan dari perusahaan, yang menyatakan sumber daya manusia Jateng masih perlu ditingkatkan keterampilannya. (Aji)