Helo Indonesia

KKN Mahasiswa UPGRIS di Demangan, Sosialisasikan Cegah Stunting pada 1.000 HPK

Rabu, 21 Februari 2024 15:01
    Bagikan  
KKN Mahasiswa UPGRIS di Demangan, Sosialisasikan Cegah Stunting pada 1.000 HPK

Kegiatan KKN UPGRIS Kelompok 18 yang menggelar sosialisasi cegah stunting di Desa Demangan. Foto: Ist

JEPARA, HELOINDONESIA.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas PGRI Semarang (KKN UPGRIS) Kelompok 18 Tahun 2024, melaksanakan salah satu program kerja pengabdian masyarakat.

Kegiatan tersebut berupa sosialisasi mencegah stunting yang ditujukan kepada para ibu PKK yang ada di Desa Demangan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jateng, Senin 19 Februari 2024.

Menurut salah satu anggota mahasiswa KKN UPGRIS, Rakhmad Hidayat, kegiatan yang diikuti 40 ibu PKK itu berlangsung di balai desa Demangan dengan menghadirkan bidan desa Sari sebagai nara sumber.

Baca juga: Rekomendasi Warna Kutek yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Agenda sosialisasi stunting dibuka oleh Ketua TP PKK Desa Demangan Tri Amini. Dia menyampaikan pentingnya peran aktif orangtua dalam memberikan gizi yang seimbang dan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas bagi anak-anak untuk mencegah stunting di 1.000 hari pertama kelahiran (PHK).

“Para ibu harus bersama untuk memastikan setiap anak memiliki akses terhadap nutrisi yang cukup, gizi yang memadai serta mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan untuk mencegah anak mengalami stunting pada pertumbuhannya,” ujar Tri Amini.

Pada acara ini disertai dengan cerita pengalaman para ibu yang telah berhasil mencegah stunting pada pertumbuhan anak anak mereka dengan menerapkan empat pilar gizi seimbang.

Baca juga: Nasi Sisa Jangan Dibuang, Ini Cara Membuat Cireng Nasi Yang Gurih dan Lezat

Sosialisasi stunting ini merupakan program kerja wajib dari kampus UPGRIS bagi mahasiswa KKN untuk mendukung salah satu kebijakan pemerintah yang tertera pada Peratura Presiden nomor 72 tahun 2021 yang berisi “Percepatan Penurunan Stunting”.

Diharapkan dengan acara sosialisasi stunting ini dapat menjadi awal yang baik bagi Desa Demangan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang stunting dan mendorong tindakan nyata untuk melindungi kesehatan anak anak di masa depan. (Aji)