Helo Indonesia

Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan di Kendal Dimulai

Minggu, 18 Februari 2024 17:17
    Bagikan  
Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2024 Tingkat Kecamatan di Kendal Dimulai

Rekapitulasi hitung suara Pemilu tingkat kecamatan di Kendal dimulai hari ini. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal mulai melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kecamatan. Di Kabupaten Kendal penghitungan dilakukan serentak mulai mulai Minggu-Jumat, 18-23 Februari 2024.

Ketua KPU Kendal, Khasanudin menjelaskan, rekapitulasi meliputi rekap data dari Sirekap dan C-Hasil Plano oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dengan Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan saksi. Sementara waktu yang dibutuhkan untuk rekapitulasi penghitungan di tiap-tiap kecamatan berbeda-beda, dan paling lama selesai pada 23 Februari 2024.

"Karena jumlah TPS di tiap-tiap kecamatan berbeda, jadi rencana selesai rakapitulaisan berbeda-beda, paling lama tanggal 23 Februari 2024. Dan ini kan masih tahap rekapitulasi di tingkat PPK, nanti kalau sudah selesai akan dilanjutkan rekapitulasi tingkat kabupaten," ujar Khasanudin.

Baca juga: Heboh! Real Count DPR RI Dapil Neraka Jateng IV, Rinto Salip Cucu Megawati dan Petahana

Sementara Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Kecamatan Weleri dilaksanakan di Aula Balai Desa Bumiayu, Kecamatan Weleri. Di Kecamatan Weleri sendiri ada sejumlah 213 TPS dari 16 desa yang akan dilaksanakan penghitungan.

Ketua PPK Weleri, Aqip Ossa Eldurr Iftitah menerangkan, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di 16 desa di Kecamatan Weleri dilaksanakan selama 5 hari mulai Minggu-Kamis, dan perhitungan dibagi menjadi 3 panel setiap harinya.

"Kemungkinan satu panel bisa satu atau dua desa. Untuk rekapitulasinya sendiri dari hasil C-Plano nanti kita sandingkan dengan Sirekap," ungkap Ossa sapaan akrabnya.

Minimalkan Kekeliruan

Ossa menyatakan, rekapitulasi berjenjang mulai dari tingkat TPS, Kecamatan dan Kabupaten sangat penting terutama untuk meminimalisasi kekeliruan yang diakibatkan human error.

"Karena mungkin faktor kelelahan kadang yang dari TPS itu bisa jadi salah jumlah atau salah tulis. Makanya sangat penting rekapitulasi berjenjang. Dan tetap hasil output dari rekapitulasi tingkat kecamatan itu adalah foam D. Sirekap itu hanya alat bantu untuk melakukan rekapitulasi bukan penentuan atau hasil akhir," tandasnya.

Baca juga: KPU Nilai Pemilu di Semarang Lancar karena Komunikasi Intens

Sementara, Camat Weleri, Dwi Cahyono Suryo berpesan masyarakat maupun para saksi dapat mengawal rekapitulasi dengan baik sehingga nantinya tidak ada kesalahpahaman.

"Kami berharap, penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat Kecamatan Weleri bisa berjalan lancar. Para saksi dan masyarakat bisa mengawal sampai selesai. Bisa dicocokan dengan data di TPS yang sudah mereka miliki, sehingga nanti tidak ada kesalahpahaman," ujarnya.

Senada, Caleg DPRD Kendal Dapil 5 dari PKS, Dwi Margo Utomo yang langsung memantau proses rekapitulasi Kecamatan Weleri berharap rekapitulasi dapat berjalan lancar, jujur dan adil. Ia juga berharap masyarakat bersama-sama mengawal jalannya penghitungan suara Pemilu 2024.

"Semoga prosesnya jujur, bersih dan sesuai dengan yang kita harapkan. Alhamdulillah untuk perolehan sementara PKS di DPRD Kendal sudah mencukupi satu kursi," ungkap Dwi Margo Utomo. (Anik)