Helo Indonesia

Tokoh Lintas Agama Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Senin, 12 Februari 2024 20:00
    Bagikan  
Tokoh Lintas Agama Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Para tokoh lintas agama di Kabupaten Kendal saat deklarasi Pemilu Damai. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna menjaga iklim kondusif menjelang Pemilu serentak tanggal 14 Februari 2024, sejumlah Tokoh Lintas Agama di Kabupaten Kendal bersama melaksanakan deklarasi dan penandatanganan Pemilu Damai 2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Senin 12 Februari 2024.

Deklarasi dipimpin oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kendal, KH Idris Noor. Diikuti oleh seluruh pimpinan umat beragama dan pimpinan seluruh organisai Islam yang ada di wilayah Kabupaten Kendal. Dan disaksikan oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Ketua MUI Kendal, KH Asro'i Tohir, Forkopimda, Kepala Kesbangpol Kendal.

Baca juga: Bupati Dico Kukuhkan Anggota Forum Wartawan Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan melalui deklarasi damai ini seluruh tokoh lintas agama diharapkan dapat berperan dalam menciptakan pemilu damai di setiap rangkaian pelaksanaan pemilu hingga selesai.

"Bahwa ketika kita sepakat deklarasi damai menuju Pemilu 2024, itu artinya kita harus bersama-sama menjaga, memastikan bahwa pemilu berjalan dengan baik, lancar, aman, damai. Kita harus menjaga seluruh rangkaian pemilu sampai selesai semuanya berjalan dengan baik," ujar Bupati Dico.

Kepala Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando selaku penyelenggara saat memberikan sambutan mengatakan, deklarasi tersebut dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dari para tokoh lintas agama untuk mewujudkan pemilu yang damai, aman, tentram dan harmonis.

Baca juga: Panglima TNI Rotasi dan Mutasi 61 Perwira Tinggi TNI

"MUI dan FKUB bisa mengantisipasi dan mencegah timbulnya gesekan ditengah masyarakat. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga pemilu sebagai pesta demokrasi dengan menghormati perbedaan pilihan dengan tetap menjaga persudaraan dan persatuan," terangnya.


Sukseskan Pemilu Damai


Sementara Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kendal, KH Asro'i Tohir menegaskan, bahwa jajaran MUI Kabupaten Kendal sepakat untuk ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu Damai 2024 di Kabupaten Kendal.

"Kita kan sudah berpengalaman dan pemilu bukan hanya kali ini saja. Sehingga kita mempunyai kewajiban meneruskan dan menjaga langkah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang sudah kuat. Kita bisa berbeda tapi harus punya kesamaan dalam mempertahankan keutuhan negara kita," tegas Asro' Tohir.

Baca juga: Cara Mudah Mendapatkan Kontrak Cepat di Dreame: Tips untuk Penulis Pemula

Ada lima poin yang disepakati bersama dalam deklarasi tersebut, yakni bertekad menjaga keutuhan NKRI, menghargai dan menjunjung tinggi keragaman keyakinan agama, tradisi, dan praktik keagamaan di masyarakat bertekad mensukseskan Pemilu Damai Tahun 2024 yang berlangsung lancar, tertib, damai, jujur, dan adil sesuai dengan peraturan Perundang-undangan tentang Pemilu di Indonesia.

Kemudian, menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari, lebih-lebih dalam pelaksanaan Pemilu Damai 2024. Dan menolak segala bentuk politisasi agama dan berbagai upaya yang mengganggu kerukunan hidup beragama dan mengganggu pelaksanaan Pemilu Damai 2024. (Anik)