Helo Indonesia

Bupati Dico Kukuhkan Anggota Forum Wartawan Kendal

Senin, 12 Februari 2024 19:27
    Bagikan  
Bupati Dico Kukuhkan Anggota Forum Wartawan Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat mengukuhkan anggota Forwaken. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengukuhkan sejumlah awak media yang tergabung dalam anggota Forum Wartawan Kendal (Forwaken) periode tahun 2024-2027 di Ruang Abdi Praja Setda Kendal, Senin 12 Februari 2024.

Ketua Forwaken, Iswahyudi mengatakan Forwaken dibentuk untuk mewadahi wartawan yang bertugas meliput di Kabupaten Kendal. Ia berharap, seluruh wartawan anggota Forwaken kedepan dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam pemberitaan.

Baca juga: KONI Jateng Gelar Tes Fisik Penghuni Pelatda PON 2024, Hari Pertama Undang 300 Atlet

"Kita menjadi mitra pemerintah terkait pemberitaan yang bersifat untuk kemajuan Kabupaten Kendal," katanya.

Menurut Iswayudi, terbentuknya Forwaken diinisiasi karena selama ini dinilai banyak oknum yang mengaku sebagai wartawan. Namun karya yang dihasilkan tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik.

"Produk yang dihasilkan dari seorang wartawan adalah berita sesuai kaidah kode etik jurnalistik. Jadi kalau dia belum bisa menyajikan sebuah berita, patut dipertanyakan kewartawanannya," terang Wahyudi sapaan akrabnya.

Ia juga menitipkan pesan kepada dinas-dinas di lingkungan Pemkab Kendal, jika menemukan pemberitaan dari Forwaken yang tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik, supaya bisa menghubungi atau datang ke kantor Forwaken di kompleks kantor Bupati Kendal.

Baca juga: Jateng Perkuat Pengamanan di 7 Wilayah Rawan Tinggi untuk Pastikan Pemilu Lancar

"Jika ada pengurus maupun anggota yang dalam melaksanakan tugasnya sesuai kaidah kode etik jurnalistik, bisa melaporkan kepada kami di kantor kesekretariatan, untuk kami bimbing bersama," tambahnya.

Perkuat Kemitraan

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto berharap dengan terbentuknya Forwaken ini dapat menguatkan hubungan antar wartawan yang selama ini telah menjadi mitra Pemkab Kendal dalam setiap pemberitaan kegiatan-kegiatan di lingkungan Pemkab Kendal

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan selamat atas pengukuhan Forwaken ini . Kami berharap teman-teman wartawan bisa memberikan input dan fitback kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, juga ikut menjaga kondusivitas, juga menjaga keamanan dan kenyamanan, yang ada di wilayah Kabupaten Kendal," ucap Bupati.

Baca juga: Wali Kota Semarang Cek Gudang Logistik Pemilu, Pastikan Keamanan dan Keutuhan Terjamin

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2024, serta berharap, insan pers di seluruh Indonesia, khususnya di Kendal, ke depan lebih sejahtera.

"Selain itu, lebih memberikan kontribusinya dalam proses pembangunan. Harapan kami semakin kompak bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah, dalam memberikan kontribusinya kepada Kabuparen Kendal yang kita cintai," pungkasnya. (Anik)