Helo Indonesia

KONI Jateng Gelar Tes Fisik Penghuni Pelatda PON 2024, Hari Pertama Undang 300 Atlet

Ajie - Olahraga
Senin, 12 Februari 2024 14:52
    Bagikan  
KONI Jateng Gelar Tes Fisik Penghuni  Pelatda PON 2024, Hari Pertama Undang 300 Atlet

Atlet kick boxing Abdul Aziz Calim saat menjalani tes fisik di Stadion Jatidiri Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 600 atlet dari 60 cabang olahraga menjalani tes fisik yang digelar KONI Jawa Tengah selama dua hari, Senin-Selasa, 12-13 Februari 202 mulai pukul 07.00 WIB di komplek Stadion Jatidiri Semarang.

Hari pertama, ada 300 atlet dari 24 cabang olahraga yang mengikuti tes fisik. Ke-24 cabor itu meliputi atletik, wushu, panjat tebing, kick boxing, pencak silat, taekwondo, hapkido, sepatu roda, tarung derajat, balap sepeda, renang, muaythai, buutangkis, arung jeram, tinju, jujitsu, judo, sepak takraw, bola tangan, triathlon, bola basket, bola voli, rugby, dan sepak bola.

Baca juga: Wali Kota Semarang Cek Gudang Logistik Pemilu, Pastikan Keamanan dan Keutuhan Terjamin

Saat memantau pelaksanaan tes fisik, Senin pagi 12 Februari, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana menjelaskan, kegiatan tes fisik atlet digunakan sebagai catatan KONI untuk mengukur kesiapan para atletnya untuk mengikuti program Pelatda PON Aceh-Sumut 2024.

”Tes fisik hari ini, untuk mengetahui sampai seberapa jauh tingkat kesiapan para atlet, jelang pelaksanaan PON pada September mendatang. Hasil yang didapat ini, bisa menjadi catatan dan evaluasi bagi Pengprov Cabor, untuk menyiapkan para atletnya lebih baik lagi,” kata Bona.

Ditambahkan dia, bila hasil tes fisik ini kurang baik, masih ada waktu untuk membenahi kesiapan para atlet, guna meningkatkan kemampuannya. Bona juga berharap, para atlet yang besok akan melakukan tes fisik, bisa menyiapkan diri sebaik mungkin.

Baca juga: Jelang Pemungutan Suara Pemilu, Mendagri Tekankan Inflasi Harus Tetap Jadi Atensi

”Tidak menutup kemungkinan akan ada pencoretan atlet, bila tidak memenuhi kriteria atau ketentuan yang telah ditetapkan. Kami berharap, para atlet Pelatda PON Jateng ini mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya, untuk kemudian dilanjutkan oleh masing-masing pengprov cabor,” terang dia.

24 Cabor

Sementara itu, Wakil Ketua Umum II, Soedjatmiko menambahkan, selama dua hari pelaksanaan tes fisik ini, pihaknya mengundang perwakilan atlet dari 60 cabor. Sebanyak 600 atlet selama dua hari penyelenggaraan, akan melakukan lima tes fisik dan psikologi.

”Hari pertama kita mengundang 24 cabor dengan jumlah atletnya 300 orang. Hari kedua kita undang 300 atlet dari 36 cabor yang lain. Selain tes fisik kita juga melakukan tes psikologi,” jelasnya.

Baca juga: 3 Pesan Bawaslu yang Harus Diketahui Warga pada H-1 dan Hari H Pemilu

Disampaikan dia juga, pelaksanaan di hari pertama dikhususkan bagi cabor yang atletnya butuh kecepatan dan kegesitan dalam bergerak. Sedangkan tes fisik di hari kedua, untuk cabor yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan dan kegesitan.

”Beberapa cabor yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan dan kegesitan kita gelar Selasa besok, ditambah atlet dari cabor lain. Kami berharap, hasil tes fisik ini bisa menjadi pembanding bagi masing-masing pengprov cabor,” pungkasnya. (Aji)