Helo Indonesia

Unik! Mahasiswi KKN Tim I Undip Membuat Katsu dari Ikan Lele

Selasa, 6 Februari 2024 21:39
    Bagikan  
Unik! Mahasiswi KKN Tim I Undip Membuat Katsu dari Ikan Lele

Para mahasiswa KKN Tim Undip berpose bersama warga desa Tambakboyo, Klaten. Foto: Ist

KLATEN, HELOINDONESIA.COM - Selama ini masyarakat lebih sering mengolah ikan lele dengan cara digoreng dan dibakar langsung. Namun di tangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, daging ikan lele bisa diolah menjadi katsu, makanan khas Jepang.

Mahasiswa KKN Tim I Undip ini mengajari warga Desa Tambakboyo, di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Jateng teknik membuat katsu berbahan ikan lele. Desa Tambakboyo memiliki luas 88 Ha dan jumlah penduduk sebesar 3.637 jiwa.

Para mahasiswa ini berada Desa Tambakboyo sejak Jumat 5 Januari 2024 . Berbagai program kerja telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip sejak datang ke desa tersebut. Salah satu program kerja yang sudah dilaksanakan adalah program kerja monodisiplin "Edukasi budaya makan ikan di Jepang dan manfaatnya untuk kecerdasan anak sebagai penunjang gerakan Gemar Makan Ikan (Gemari) melalui pembuatan katsu ikan lele".

Baca juga: Hadapi Pemilu 2024, Muhammadiyah Demak Pastikan Tak Golput

''Tujuan kegiatan ini adalah mengedukasi warga Desa Tambakboyo bagaimana membuat makanan alternatif berbahan baku lele,'' ujar pemrakarasa kegiatan Pusparani Angelie Putri, mahasiswi jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang Fakultas Ilmu Budaya Undip, saat dihubungi Selasa 6 Februari 2024.

Menurut Pusparani, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis 25 Januari 2024 pukul 16.00 dalam acara PKK di Dukuh Tonayan RT 01/ RW 11 di Desa Tambakboyo. Para ibu yang mengikuti kegiatan ini tampak antusias menyimak pelatihan dan edukasi membuat katsu ikan lele oleh mahasiswi KKN.

Katsu merupakan masakan khas Jepang berupa daging yang dibalut tepung roti dan dimasak dengan cara digoreng. Jika biasanya katsu menggunakan daging ayam sebagai bahan utama, kali ini mahasiswi KKN Undip membuat kreasi katsu dari bahan utama daging ikan lele.

Dia lalu memberikan gambaran umum cara pembuatan katsu ikan lele yanhg sebenarnya tidak jauh berbeda dari katsu ayam. Pertama-tama, daging ikan lele yang sudah difilet dimarinasi dengan garam, merica, ketumbar (opsional), kunyit (opsional) serta jeruk nipis dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit.

Baca juga: Ade Armando Diskak Mat Gen Z, Sebut di Putaran Kedua PKS dan PDIP Saling Dukung: Gak Papa, yang Penting Bukan 02


Selanjutnya lumuri daging lele dengan tepung terigu kering, celupkan ke kocokan telur dan balur lagi dengan tepung panir sambil ditekan-tekan supaya tepung menempel sempurna. Katsu dapat langsung digoreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang atau didiamkan dahulu selama 10 menit di dalam freezer sebelum digoreng.


''Kegiatan pelatihan membuat katsu ikan lele ini mendapat respons positif dan antusiasme yang tinggi dari ibu-ibu PKK. Hal ini karena katsu ikan lele dianggap unik dan masih jarang ditemukan,'' tambah Pusparani.


Selain memberikan pelatihan pembuatan katsu ikan lele, mahasiswi KKN Undip juga membuat infografis dan memberikan edukasi mengenai kandungan gizi yang terkandung dalam ikan serta pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kecerdasan anak.

Dijelaskannya, melalui kegiatan ini, mahasiswi KKN Undip telah mengambil peran dalam memberdayakan warga desa Tambakboyo serta berperan dalam mengkampanyekan program Gemar Makan Ikan (Gemari). Diharapkan dengan adanya program ini dapat menumbuhkan kesadaran warga desa Tambakboyo untuk meningkatkan konsumsi makan ikan. (Aji)