Helo Indonesia

Disperinaker Gelar Rekrutmen Tenaga Kerja di KIK, Lulusan SD dan SMP Bisa Mendaftar

Kamis, 1 Februari 2024 17:04
    Bagikan  
Disperinaker Gelar Rekrutmen Tenaga Kerja di KIK, Lulusan SD dan SMP Bisa Mendaftar

Para pelamar kerja yang akan direkrut Disperinaker Kendal untuk bekerja di KIK. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Angka pengangguran di Kabupaten Kendal tahun 2023 terus menurun dari 41.540 di tahun 2022 menjadi 36.528.

Hal tersebut lantaran keseriusan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Kendal, Jateng, dalam membuat inovasi maupun program baru guna menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Kendal.

Diantaranya, Roadshow Relasi Kerja (Rekrutmen dan Pelatihan Siap Kerja) yang akan diselenggarakan di lima Eks Kawedanan di Kabupaten Kendal. Dimana Disperinaker menggandeng beberapa perusahaan yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK).

Baca juga: Teliti Kebijakan Pengembangan Olahraga Prestasi di Jateng, Muhlisin Raih Gelar Doktor dari UPI

Roadshow Relasi Kerja tersebut merupakan upaya penanganan percepatan pengangguran dan penanganan kemiskinan di Kabupaten Kendal. Roadshow pertama dilaksanakan di Eks Kawedanan Kendal yaitu di Aula Kantor Kecamatan Kendal, Kamis 1 Februari 2024.

Kepala Disperinaker Kabupaten Kendal, Cicik Sulastri menyampaikan, untuk Eks Kawedanan Kendal jumlah pelamar yang mendaftarkan diri di PT Eclat ada 361 pelamar, dan yang lolos ke tahapan srlanjutnya ada 104 orang. Kemudian pelamar di PT Polaris sebanyak 347 pelamar yang lolos ke tahapan selanjutnya ada 119 orang.

"Pencari kerja ini melamar, kemudian lolos seleksi, kemudian mendapatkan pelatihan. Pelatihannya nanti diselenggarakan di perusahaan dan gratis. Pasca pelatihan kemudian langsung bisa diserap tenaga kerjanya," terang Cicik Sulastri.

Buka Peluang

Cicik menyebut, Roadshow Relasi Kerja ini berbeda dari sebelumnya. Pasalnya dari perusahaan yang digandeng tersebut juga membuka peluang bagi pencari kerja lulusan SD dan SMP. Dimana yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan terlebih dahulu sebelum diserap tenaga kerjanya.

Baca juga: Polres Jepara Tetapkan MAW sebagai Tersangka Penipuan Jual Beli Lobster

"Nah ini mumpung ada peluang kita manfaatkan. Kita juga mohon dari kecamatan untuk bisa mendorong masyarakatnya untuk mensosialisasikan program ini. Apalagi mendaftarnya tidak terlalu jauh," paparnya.

Dirinya mengungkapkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, angka pengangguran di Kabupaten Kendal didominasi lulusan SD dan SMP yakni sekitar 50,33 persen. Sementara lulusan SMA/SMK sederajat sebanyak 40,46 persen dan sisanya adalah lulusan deploma maupun sarjana.

"Ini yang memprihatinkan kita, hampir 50,33 persen kalau lihat data angka pengangguran yang SD dan SMP. Nah ini mumpung ada peluang dari PT Eclat, lulusan SD, SMP bisa ikut. Dan menariknya di program ini yang belum punya ketrampilan apalagi lulusan SD, SMP ada peluang yang cukup besar ikut seleksi," imbuh Cicik Sulastri.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menjelaskan, kebutuhan tenaga kerja di KIK saat ini semakin meningkat. Sehingga melalui program roadahow Relasi Kerja ini menjadi langkah yang sangat baik untuk menyerap lapangan pekerjaan. Sehingga dapat menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Kendal.

Baca juga: 6 Drama Korea Tayang Februari 2024 Cek Sinopsis dan Jadwal Tayangnya!

"Kita memiliki kerjasama bagaimana memaksimalkan lapangan pekerjaan yang ada di KIK itu difokuskan kepada masyarakat Kendal. Ini adalah upaya kita bagaimana rekruitmen untuk maayarakat Kendal bisa benar-benar berjalan dengan maksimal," ujar Dico.

Dico juga berpesan para pencari kerja yang nantinya lolos, bisa bekerja dengan maksimal dan memberikan kontribusi yang baik kepada para pelaku usaha di Kendal.

Sementara, Kepala HRD PT Eclat, Khaerudin menyampaikan, tahun 2024 ini pihaknya membutuhkan tenaga kerja sekitar 3.000 orang. Dirinya berharap melalui kegiatan kali ini banyak warga Kednal yang dapat memanfaatkan peluang ini.

"Harapannya dengan adanya rekrutmen di lima eks kawedanan ini banyak warga Kendal yang mendaftar," harapnya. (Anik)