bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kadin Gelar Talkshow Urun Rembug untuk Kendal Lebih Mendunia

Sabtu, 13 Januari 2024 12:12
    Bagikan  
Kadin Gelar Talkshow Urun Rembug untuk Kendal Lebih Mendunia

Kegiatan Talk Show Urun Rembug Kendal lebih Tumoto Ngremboko lan Kuncoro yang digelar Kadin Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Kadin merupakan organisasi mandiri dan sebagai mitra Pemerintah dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di suatu daerah. Sehingga diharapkan mampu berperan aktif dalam kegiatan yang menjadi visi dan misi Pemerintah.

Hal itu disampaikan Ketua Kadin Kendal, Fransisca Tjokro Handoko, dalam acara Talk Show Urun Rembug Kendal lebih Tumoto Ngremboko lan Kuncoro "Sumbangan Pemikiran untuk Kendal lebih Tertata, Berkembang dan Mendunia,'' di salah satu hotel di Kendal, Jumat malam 12 Januari 2024.

"Ini adalah dialog pertama yang digelar, karena masa bakti saya juga masih baru sebagai Ketua Kadin Kendal. Saya ingin memberi jembatan kepada pengusaha untuk berdialog dengan caleg-caleg DPR. Menurut saya Kendal berada di titik yang sangat penting, yang mau dibawa kemana. Jadi dialog ini sangat penting," ujarnya.

Baca juga: Puan Maharani Dorong Kota Semarang Kembangkan Batik Warna dari Bahan Alam

Untuk itu, lanjut Sisca, Kadin juga berusaha untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi para pengusaha dan juga para pelaku UMKM, khususnya yang ada di Kendal.

"Dalam upaya menghidupkan Kadin Kendal, perlu peran serta dan dukungan dari pemerintah daerah dan stake holder di Kendal. Karena, diharapkan, Kadin mampu menjadi bagian penting dalam mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Kendal," tandasnya.

Sementara dalam acara talk show, Caleg DPRD Jawa Tengah dari Partai NasDem, Prapto Utono dalam pemaparannya sempat bercerita, bagaimana dulunya Kendal belum begitu dikenal masyarakat luas.
Sehingga dirinya selama 20 tahun berjuang di DPRD Kendal untuk pengembangan Kendal dalam bentuk regulasi. Dan sekarang, Kendal sudah lebih dikenal luas, bahkan mendunia.

Sehingga dirinya menekankan, Kadin harus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah setempat, berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM), yang dipersiapkan untuk mengisi lapangan kerja di KIK.

Baca juga: Wing: USM Punya Komitmen pada Kebudayaan dan Pariwisata di Kota Semarang

"Sebagai Anggota DPRD Kendal yang menjabat selama empat periode, saya berharap, SDM Kendal bisa mengisi lapangan kerja di KIK. Jadi bukan hanya menjadi penonton saja, tapi warga Kendal harus menjadi bagian dari industri dan pembangunan Kabupaten Kendal. Untuk itulah peran Kadin Kendal yang bersinergi dengan Pemkab Kendal, bisa mengupayakan supaya SDM Kendal bisa kompetitif dan kreatif," beber Prapto.

Tugas dan Wewenang

Dirinya juga menyebut, sesuai UU dan Keppres, Kadin mempunyai tugas dan wewenang yang luar biasa. Tetapi menurutnya tidak akan bisa jalan, manakala sinergitas antara Kadin dengan pemerintah daerah, maka tidak akan pernah terwujud.

Baca juga: Thailand Negara Pemasok Tertinggi ke Jepang untuk Tuna-cakalang Olahan Sebesar 58 Persen Indonesia Baru 18 Persen

"Maka dari itulah, dibutuhkan peran Kadin Kendal yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal, untuk bisa mengupayakan supaya SDM Kendal bisa kompetitif dan kreatif," tandas Prapto.

Narasumber Talk Show lainnya, adalah Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah 1 dari PAN, Muhammad Nasih dan Caleg DPR RI juga Dapil Jawa Tengah 1 lainnya, Redi Nusantara dari Perindo, yang dipandu Moderator Agus Umar.

Dalam sesi tanya-jawab, ada tiga penanya dari pengurus Kadin Kendal terkait dengan materi yang disampaikan para narasumber. Diantaranya, Mahmudin, Najmah Riajani Garniera, yang juga merupakan Caleg DPRD Kendal dari PAN dan Moh Zakky.

Najmah menyampaikan terkait harapan ke depan untuk Kendal, saat nanti menjadi kawasan industri. Menurutnya Kabupaten Kendal bisa menjadi Kota Metropolitan seperti yang sudah terjadi di kota-kota lainnya. (Anik)