Helo Indonesia

Wing: USM Punya Komitmen pada Kebudayaan dan Pariwisata di Kota Semarang

Sabtu, 13 Januari 2024 08:55
    Bagikan  
Wing: USM Punya Komitmen pada Kebudayaan dan Pariwisata di Kota Semarang

Kadisbudpar Kota Semarang R Wing Wiyarso Poespojoedho (kedua dari kiri) saat menghadiri 9th Festival Komukino 2024 di USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Adanya kegiatan menghadiri 9th Festival Komukino 2024 membuktikan bahwa Universitas Semarang (USM) memiliki komitmen tinggi terhadap upaya pengembangan kebudayaan maupun pariwisata di Kota Semarang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, R Wing Wiyarso Poespojoedho SSos MSi, saat menghadiri 9th Festival Komukino 2024 yang diselenggarakan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) di Auditorium Ir Widjatmoko USM dan Auditorium Prof Muladi SH USM pada Kamis 11 Januari 2024.

Baca juga: Waspadai Cuaca Terik Siang Hingga Sore Hari dan Munculnya Awan Gelap, itu Tanda-tanda Bencana Hidrometeorologi

Wing menilai kegiatan yang mengangkat kebudayaan Jawa Tengah itu dapat menjadi salah satu contoh bagi akademisi maupun perguruan tinggi yang lain dalam menggali potensi-potensi budaya dan pariwisata sesuai dengan spesifikasi masing-masing perguruan tinggi.

''Kami berharap, ini bisa menjadi role model buat teman-teman perguruan tinggi maupun mahasiswa generasi milenial dan gen z yang sekarang ini harus pandai-pandai mencari peluang, memanfaatkan momentum untuk mengembangkan diri. Saya rasa ini menjadi satu harapan untuk kita semua agar anak-anak kita bisa berkembang sesuai talenta yang dimiliki,'' ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wing bersama Rektor USM, Dr Supari ST MT turut berkeliling mengunjungi stand bazar dari enam karisidenan di Jawa Tengah mulai dari mencicipi berbagai macam inovasi kuliner hingga membatik.

Apresiasi

Kegiatan yang merupakan implementasi mata kuliah Komunikasi Pemasaran itu dihadiri Dekan FTIK USM, Prind Triajeng Pungkasanti SKom MKom, Wakil Dekan I FTIK USM, Fajriannoor Fanani SSos MIKom, Wakil Dekan II FTIK USM, April Firman Daru SKom MKomKaprodi S1-Sistem Informasi, Nurtriana Hidayati SKom MKom, dan Kaprodi S1-Teknik Informatika, Khoirudin SKom MEng.

Turut hadir pula, Kaprodi S1-Ilmu Komunikasi, Edi Nurwahyu Julianto SSos MIKom, Sekretaris Program Studi S1-Pariwisata, Desika Nur Jannah SPd MMPar., serta para dosen FTIK USM.

Baca juga: Rika Wes Tua, Ora Teyeng

''Komukino yang diselenggarakan di USM ini sangat luar biasa. Kami sangat mengapresiasi mewakili kedinasan pemerintah kota maupun dinas dan secara pribadi, kami sangat amazing dan surprise karena teman-teman disini, mahasiswa dapat menggali dengan segala potensi yang ada,'' ujar Wing.

Menurutnya, dengan adanya Festival Komukino itu, mahasiswa dapat menggali kuliner yang merupakan salah satu objek kemajuan kebudayaan di UU No. 5 Tahun 2017 salah satunya kuliner tradisional yang menjadi salah satu potensi yang dapat dikembangkan untuk menghidupkan serta mengangkat kembali makanan tradisional.

''Tadi kami mengunjungi stand-stand perwakilan dari beberapa karisidenan di Jateng, mereka berinovasi dan menunjukkan satu kelebihan dimana ketika mereka mencoba membuat satu terobosan baru untuk memperkaya kuliner tradisional di Kota Semarang. Ini sangat luar biasa karena bisa mendukung dan mengangkat wisata kuliner di Kota Semarang bahkan di Provinsi Jateng,'' tegasnya. (Aji)