Helo Indonesia

Polres Pringsewu Selidiki Pemilik Truk dan Asal Kayu Sonokeling

Kamis, 11 Januari 2024 11:29
    Bagikan  
Polres Pringsewu Selidiki Pemilik Truk dan Asal Kayu Sonokeling

Truk yang mengangkut kayu sonokeling (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Pringsewu melakukan penyelidikan pemilik mobil truk BE-8510-HY pengangkut kayu sonokeling yang menabrak pagar rumah warga di Pekon Tulung Agung Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu pada Rabu (10/1/2024) sekitar pukul 18.30 Wib.

Hal tersebut dikatakan Kepala Unit (Kanit) Tipidter Polres Pringsewu Ipda Yosi mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya.

"Iya, kita masih terus mendalami dan menyelidiki siapa pemilik mobil tersebut," kata Yosi, Kamis (11/1/2024).

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi siapa pemilik kendaraan tersebut.

Baca juga: Cara Melacak Motor Hilang Menggunakan Plat Nomor

Ia juga menjelaskan bahwa selain menyelidiki kepemilikan mobil tersebut, pihaknya juga mendalami asal kayu sonokeling yang diduga hasil illegal logging (pembalakan liar) dari kawasan hutan Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdurrahman Register 19 di wilayah hukum Polres Pesawaran.

"Kalau hasil penyelidikan kayu tersebut berasal dari Kabupaten Pesawaran, maka kita akan koordinasi dan akan kita limpahkan ke Polres Pesawaran," kata dia.

Sebelumnya, sebuah mobil truk dengan Nomor Polisi (Nopol) BE 8510 HY membawa kayu jenis sonokeling terperosok dan menabrak pagar rumah warga di Pekon Tulungagung Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.

Baca juga: Lolos dari Petugas, Truk Angkut Sonokeling Tabrak Rumah Warga

Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (10/1/2024) sekitar pukul 18.30 Wib. Dan mobil tersebut telah ditinggalkan sopirnya karena kedapatan membawa kayu jenis sonokeling dari wilayah Kabupaten Pesawaran yang ditutupi dengan kayu racuk (campuran-red)

Baca juga: Kenali Pentingnya Tekanan Angin Ban Mobil untuk Kendaraan yang Aman

Salah satu warga Kabupaten Pesawaran Fauzi mengatakan, dirinya mendapat informasi dari warga desa bahwa ada sebuah mobil truk yang masuk ke kawasan yang akan mengangkut kayu jenis sonokeling.

"Ya kami mendapatkan laporan dari warga bahwa ada mobil yang masuk ke kawasan mau ngangkut kayu sonokeling makanya saya dan kawan kawan sudah standby di bawah," kata Fauzi.

Menurutnya, setelah melihat mobil persis yang disampaikan warga dirinya langsung mengikuti mobil tersebut.

"Setelah melihat mobil yang sesuai dengan informasi warga, kami bertiga langsung mengikutinya, sampai di perbatasan Pesawaran dan Pringsewu kami berhentikan tapi kernetnya langsung kabur dan sopir tancap gas, dan kami kejar sampai di Tulungagung mobil terperosok dan menabrak pagar rumah warga, dan sopirnya langsung kabur," ujarnya. (Rama)