Helo Indonesia

Baru 6 Persen Realisasi Identitas Kependudukan Digital di Pesawaran

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Senin, 8 Januari 2024 13:13
    Bagikan  
Baru 6 Persen Realisasi Identitas Kependudukan Digital di Pesawaran

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Pesawaran Tommi Fernando/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Realisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Pesawaran baru mencapai enam persen.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesawaran Tommi Fernando, data sebesar enam persen tersebut dari update IKD Pesawaran per (2/1/2024).

"Dari data penduduk Pesawaran sebanyak 480 ribu jiwa, saat ini yang telah mengaktivasi IKD ada sebanyak 6.392 jiwa," kata Tomi, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, untuk menaikan angka aktivasi IKD di tahun 2024 ini, pihaknya melakukan beberapa program, diantaranya adalah jemput bola ke desa-desa maupun ke sekolah.

Baca juga: Atikoh Ganjar Bakal Syukuran Hasil Bumi Bareng Ribuan Wanita Tani di Pringsewu

"Upaya kita untuk menaikkan aktivasi IKD terus dilakukan dan dalam waktu dekat Disdukcapil Pesawaran akan melakukan perekaman kepada sekolah-sekolah yang mengajukan permintaan perekaman dalam pembuatan KTP," ujarnya.

"Untuk saat ini ada satu sekolah yang telah mengajukan untuk melakukan perekaman di lokasi sekolah tersebut," tambahnya.

Dikatakan, dari perekaman dan pembuatan KTP, pihaknya langsung mengaktivasi IKD bagi para pelajar yang sudah memenuhi syarat.

Baca juga: Mirza Lihat Prabowo Matang sebagai Pemimpin pada Debat 2 Capres

"Dari program tersebut sekaligus akan menaikan angka pada realisasi aktivasi IKD bagi masyarakat Pesawaran," jelasnya.

Ia menyebit, sedang ada kenaikan pada pembuatan KTP bagi masyarakat pemula untuk pemilu dan pilkada. Kemudian adanya kenaikan pada perekaman sekaligus pembuatan IKD, pihaknya pada 2023 lalu telah menambah dua alat untuk mempermudah pelayanan.

"Sebagai kebutuhan, tahun lalu kami menambahkan untuk aktivasi IKD ada dua unit laptop, dan Laptop tersebut tentu saja yang memiliki spek lebih tinggi untuk menunjang pelayanan dalam pembuatan IKD," pungkasnya. (Rama)