Helo Indonesia

Lantik Pj Kades Dantar, Bupati Dendi Minta Jaga Kepercayaan Masyarakat

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 3 Januari 2024 13:50
    Bagikan  
Lantik Pj Kades Dantar, Bupati Dendi Minta Jaga Kepercayaan Masyarakat

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona usai melatik Pj Kades Dantar Kecamatan Padangcermin di Aula Pemkab setempat/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Dantar Kecamatan Padang Cermin kabupaten sempat.

Pelantikan tersebut merujuk pada amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.66 Tahun 2017 dan Peraturan Bupati No.77 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Bupati Dendi menerbitkan keputusan pemberhentian Pj Kades dan mengangkat Pj Kades yang baru dengan melantik M. Zubir sebagai Pj Kades Dantar Kecamatan Padangcermin menggantikan Nasrudin Pj Kades sebelumya yang telah memasuki masa purna bhakti sejak tanggal 31 Desember 2023.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, LPHI: Jangan Biarkan Masyarakat Semakin Terpolarisasi


"Sebagai Pj Kades yang baru dilantik mempunyai tugas, wewenang, dan kewajiban serta memperolah hak yang sama dengan Kades definitif. Karenanya setelah pelantikan hari ini agar saudara segera melaksanakan tugas yang disesuaikan dengan RPJMDes yang memuat visi misi, tujuan strategis, kebijakan, dan program yang disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh, dan harus tanggap terhadap perubahan," kata Dendi dalam sambutanya usai melantik Pj Kades Dantar di Aula Pemkab Pesawaran, Rabu (3/1/2023).

Ditegaskannya, apabila dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan desa tidak sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, maka dapat dikatakan tidak patuh pada aturan, di sisi lain tidak tertib azas dalam melaksanakan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan.

"Akibatnya yang mengalami kerugian tidak saja saudara Kades selaku penyelenggara pemerintahan, akan tetapi masyarakat desa juga mengalami krisis kepercayaan terhadap pemerintah desa," tegasnya.

"Untuk menghindari hal itu, maka Saya minta kepada Pj Kades Dantar, hendaknya bisa menumbuh kembangkan sikap terbuka atau transparan baik kepada masyarakat maupun kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," tambahnya.

Baca juga: Hari Ini, Ratusan Mahasiswa FTIK USM Ikuti Ujian Akhir Semester


Dendi berharap, Pj Kades Dantar yang baru dilantik dapat segera melanjutkan tugas-tugas Pj Kades yang lama dan ciptakan suasana yang aman dan kondusif di Desa Dantar.

"Bermitralah dengan BPD untuk kemajuan pembangunan desa, serta ciptakam inovasi untuk membawa perubahan desa menjadi lebih baik serta harus responsive terhadap tuntutan dan kebutuhan warga desa," kata dia.

Sementara, Pj Kades Dantar M. Zubir mengatakan, akan menjalankan amanah yang telah diberikan untuk memajukan Desa Dantar.

"Saya siap menjalankan kepercayaan yang diberikan untuk memimpin Desa Dantar. Dan akan terus menggali potensi lebih optimal. Tentu dengan dukungan dan kerjasama masyarakat juga kerjasama semua pihak," pungkas Zubir. (Rama)