Helo Indonesia

Kunjungi Gereja saat Perayaan Natal, Mbak Ita Ajak Jaga Kondusivitas Hadapi Tahun Politik

Senin, 25 Desember 2023 20:47
    Bagikan  
Kunjungi Gereja saat Perayaan Natal, Mbak Ita Ajak Jaga Kondusivitas Hadapi Tahun Politik

Wali Kota Semarang saat berbincang dengan Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama jajaran Forkopimda melakukan kunjungan perayaan Natal ke beberapa gereja di Kota Semarang, Senin 25 Desember 2023. Selama kunjungan, wali kota mengajak para jemaat untuk tetap menjaga kondusivitas pada tahun politik ini.

Lokasi pertama yang dikunjungi yakni Gereja Katedral. Mbak Ita sapaan akrabnya, diterima langsung oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko.

"Alhamdulillah saya bersama Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kota Semarang melaksanakan kunjungan menyapa jemaat di beberapa gereja di Kota Semarang," ujar Mbak Ita di sela kunjungan, Senin 25 Desember 2023.

Baca juga: Sambut Tahun Politik 2024, PWI Jateng Ingatkan Media sebagai Penjaga Kebinekaan

Menurutnya, Natal tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19 telah berlalu.
"Kalau dulu masih harus berjaga jarak karena Covid. Namun kali ini, kita semua bisa merayakan Natal dengan suka cita," ujarnya.

Mbak Ita berpesan kepada para jemaat, di tahun politik agar tetap menjaga kerukunan dan kondusivitas.

"Pasti ada perbedaan pilihan. Karena tahun politik semua punya kebebasan untuk memilih atau menentukan hak pilih. Dengan kondisi seperti ini, kami mohon masyarakat tetap menjaga kondusivitas," bebernya.

"Boleh berbeda pilihan namun tetap bersatu. Ini kan ajang pemilihan lima tahun sekali pesta demokrasi. Kami berharap nantinya, dalam Pemilu bisa mendapatkan pemimpin yang mengayomi dan membuat masyarakat semakin sejahtera," imbuhnya.

Pada suasana Natal, Mbak Ita bahkan meminta agar romo dan pendeta serta umat bersama-sama berdoa agar Kota Semarang rukun damai, dan bergotong royong bergerak bersama menjadikan Semarang semakin hebat.

Baca juga: Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu: Penanganan Kekerasan Terhadap Pers dalam Liputan Pemilu Jangan Lebih 24 Jam

"Mari bersama menyongsong 2024 dengan lebih sukses, lebih maju karena saat ini tahun politik. Pastinya banyak perbedaan-perbedaan (pilihan-red). Mari tetap bersatu, rukun dan damai di perhelatan tahun politik Pemilu 2024," sebutnya.

Sementara itu, Uskup Agung Keuskupan Agung Semarang, Mgr Dr Robertus Rubiyatmoko mengaku senang dengan kunjungan dan sapaan selamat Natal yang dilakukan Wali Kota Semarang dan jajaran.

"Kami berterima kasih sekali atas kebersamaan dan kehadiran Wali Kota Semarang dan jajaran. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena gereja di Semarang dan sekitarnya merasakan kehadiran pemerintah yang mengayomi, dengan sungguh-sungguh memberi perhatian kepada kami semua," ujar Mgr. Rubiyatmoko.

Suka Cita

Menurut dia, kunjungan Wali Kota Semarang dan jajaran ke gereja-gereja seperti kali ini, dirasa seperti bentuk sapaan dan bentuk perhatian keibuan yang luar biasa.

Baca juga: Gaduh STTP Putri Zulhas, Bawaslu Akhirnya Bilang Sudah Ada

"Mari kita merasakan suka cita Natal sebagai saudara, karena kami ingin membangun kebersamaan demi kemajuan masyarakat kita," jelasnya.

Dirinya menjelaskan jika gelaran Natal kali ini mengambil tema Berjalan Bersama Menuju Indonesia Damai Natal 2023.

"Seperti yang disampaikan Bu Ita tadi, bahwa kita sedang menghadapi peristiwa yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia menyambut Pemilu 2024," katanya.

"Kami berdoa dan berharap pemilu berjalan dengan baik, lancar dan bersungguh-sungguh, diwarnai suasana persaudaraan. Sesuai kehendak Allah," terang Mgr Rubiyatmoko.

Maka dirinya selalu mendorong umat agar terus mengupayakan Pemilu yang damai dan mengupayakan kebersamaan. "Pilihan boleh berbeda, namun persaudaraan kesatuan bangsa menjadi sesuatu yang diperjuangkan dan diutamakan," jelasnya.

Tak hanya mengunjungi Gereja Katedral Semarang, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Forkopimda serta jajaran juga menyapa jemaat di Gereja Gereformeerd, Gereja HKBP Kertanegara, Gereja Materdai Semarang.(Aji)