Helo Indonesia

Berenang di Sungai, Pelajar SMP di Weleri Tewas Tenggelam

Minggu, 24 Desember 2023 21:41
    Bagikan  
Berenang di Sungai, Pelajar SMP di Weleri Tewas Tenggelam

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jenazah pelajar SMP yang tenggelam. Foto: Ist/Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Diduga terseret arus saat bermain dan berenang di Bendungan Irigasi Sungai Damar, Dusun Besokor, Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Seorang anak yang masih berstatus pelajar SMP ditemukan tewas pada Minggu 24 Desember 2023.

Berdasarkan data dari BPBD Kendal, peristiwa tersebut terjadi berawal pada saat korban bernama Mohammad Ragil Saputra (11), warga Desa Caruban, Kecamatan Ringinarum Tengah berenang bersama teman-temannya sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Bawaslu Kota Semarang Pertahankan Gelar Terbaik JDIH Award 2023, Arief: Buah Kerja Keras Jajaran

Tiba-tiba korban bersama temannya terseret oleh arus sungai. Kemudian dua teman lainnya berusaha menolong kedua korban. Namun naas karena arus sungai yang deras hanya satu korban yang bisa diselamatkan, sementara korban Muhammad Ragil Saputra tenggelam dan terseret arus.

Menurut penuturan Kepala Desa Sidomukti, Pujiono, usai mendapatkan laporan dari warga bahwa ada anak tenggelam, dirinya langsung menghubungi BPBD untuk segera mendapatkan pertolongan dan melakukan pencarian korban.

"Yang berenang empat anak, yang tiga dapat diselamatkan karena posisinya didekat pintu air bendungan irigasi. Dan yang satu tenggelem didasar sungai," tuturnya.

Ditemukan

Lebih lanjut Pujiono mengatakan, setelah dilakukan pencarian bersama korban akhirnya berhasil ditemukan namun dalam keadaan meninggal dunia.

Baca juga: Kebakaran Rumah di Kaligondang Tewaskan Satu Orang, Api Berasal dari Dapur

"Sambil menunggu tim SAR dan pihak kepolisian datang, kami bersama warga juga berusaha melakukan pencarian namun perlu waktu agak lama kira-kira setengah jam lebih karena kedalam airnya yang bawah. Tadinya warga mengira masih dipinggiran pintu air namun ternyata sudah di tengah-tengah lokasi bendungan," terangnya.

Sementara BPBD Kabupaten Kendal menerima laporan pada pukul 16:00 WIB. Dan Setetah dilakukan pencarian, korban berhasil ditemukan pada pukul 16:30 WIB dalam keadaan meninggal dunia.

Selanjutnya korban beserta dua orang temannya yang dalam kondisi lemas dilarikan ke RSI Kendal menggunakan mobil ambulance dan mobil Rescue BPBD untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan medis lebih lanjut. (Anik)