Helo Indonesia

PLN Pasang Tiang Listrik di 2 Dusun, Desa Labuhanratu 2, Wayjepara

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 19 Desember 2023 09:22
    Bagikan  
PLN Pasang Tiang Listrik di 2 Dusun, Desa Labuhanratu 2, Wayjepara

Bagian Teknik PLN memasang tiang listrik di dua dusun (Foto Khairuddin/Helo)

LAMPUNG.HELO INDONESIA.COM -- Setelah puluhan tahun tak memiliki tiang listrik, warga dua dusun Desa Labuhanratu Dua Kecamatan Wayjepara bisa bernapas lega. Senin (18/12/2023), PT PLN menurunkan puluhan tiang di dua dusun desa tersebut.

Afrian, tokoh masyarakat mendampingi kepala desa Sopiyan Effendi mengatakan, dua dusun yang puluhan tahun tak ada tiang listrik di desanya yakni Dusun V dan Dusun VI. Untuk menghindari konsleting atau bahaya lain, warga terpaksa menyangga kabel bertegangan tinggi itu menggunakan batang bambu atau properti lain. Akibat lapuk, wargapun rutin mengganti tiang listrik kayu tersebut.
"Alhamdulillah setelah puluhan tahun, tiang listrik turun di dua dusun desa kami,"ujar Afrian yang diamini warga lainnya.

Menurut Afrian, untuk mendapatkan tiang berikut kabel dan sarana lain, bukan hal mudah. Pasalnya, desa lain di Lampung Timur yang butuh hal serupa juga mengajukan ke pihak PLN. Namun, karena warga dua dusun tersebut telah puluhan tahun tak ada tiang, pihak PLN memprioritaskan bagi dua dusun tersebut.

Baca juga: Forum CSR Lampung Serahkan Bantuan Lewat Pemkab Tanggamus

"Sebelum PLN menurunkan tiang, kita lebih dahulu mengajukan usulan berupa proposal. Dan desa kita diprioritaskan,"ujarnya.

Tak hanya diturunkan, hari itu juga petugas PLN langsung menancapkan puluhan tiang itu secara permanen. Termasuk jaringan kabel standar jaringan.
"Kini masyarakat dua dusun sama dengan dusun lain sudah ada tiang listrik. Terima kasih kepada pihak PLN ysng sudah peduli dengan desa kami," pungkasnya.

Baca juga: Gubernur Arinal Raih Penghargaan Sebagai Provinsi Peduli Pekerja Migran Indonesia


Kepala Desa Sopiyan Effendi mengapresiasi usaha warganya yang telah menjalin kerja sama dengan PLN sehingga bersedia menurunkan piluhan tiang dan kabel bernikai puluhan juta itu. Dipasangnya tiang di dua dusun itu, warga tak perlu lagi mengganti tiang kayu seperti puluhan tahun silam.
"Terima kasih kepada Pak Afrian dan teman-teman yang sudah bekerja sama dengan PLN dan tiang sudah ditancapkan," ujar kades.
(Khairuddin).