Helo Indonesia

Jelang Perayaan Natal, Wali Kota Semarang Ajak Ciptakan Suasana Kondusif dan Toleransi

Senin, 18 Desember 2023 05:44
    Bagikan  
Jelang Perayaan Natal, Wali Kota Semarang Ajak Ciptakan Suasana Kondusif dan Toleransi

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama Forkopimda Jateng dan anggota DPR RI, Mochamad Herviano Widyatama, menghadiri Natal bersama Gereja-gereja se-Kota Semarang di JKI Injil Kerajaan di kawasan Marina.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ajakan ciptakan suasana kondusif dan toleransi beragama disampaikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat menghadiri Natal bersama Gereja-gereja se-Kota Semarang di JKI Injil Kerajaan di Kawasan Marina, Kecamatan Semarang Barat, pada Jumat malam 15 Desember 2023.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Jawa Tengah) serta dihadiri anggota DPR RI, Mochamad Herviano Widyatama.

Mbak Ita, sapaan akrabnya, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menunjukkan jika Kota Semarang adalah daerah yang kondusif dengan toleransi keberagamaan yang tinggi. Menurutnya, perayaan Natal 2023 juga bisa menjadi momentum untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Baca juga: Masak Daun Kelor, Cara Atikoh Edukasi Masyarakat Pentingnya Makanan Superfood

“Tentu damai di hati damai di bumi, kita bersama ajak semua warga untuk menjadikan Kota Semarang yang kondusif, nyaman, dan juga semakin hebat,” ujarnya usai kegiatan.

Lebih lanjut, ia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI-Polri yang selalu memberikan rasa aman kepada masyarakat, khususnya umat Kristen dan Katholik yang akan merayakan Natal. Langkah penanganan pengamanan yang dilakukan dinilai mampu menciptakan kenyamanan perayaan Natal tahun 2023 ini.

“Tentu kami berterima kasih kepada TNI-Polri yang mungkin mendekati akhir tahun dan Natal akan semakin sibuk. Ditambah ada libur dan cuti yang cukup panjang. Petugas dari kepolisian dan TNI selalu sigap mengamankan kegiatan Natal di gereja, sehingga kondisi di Kota Semarang adem ayem,” tuturnya.

Siagakan Personel

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu menjamin, kepolisian akan mengamankan perayaan Natal dengan menyiagakan personel di setiap gereja. Pihaknya juga bakal menggelar Operasi Lilin Candi 2023 yang akan berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Baca juga: 4 Jenis Makanan Bantu Tingkatkan Kinerja Otak, Ada Brokoli dan Buah Berry

“Setiap gereja akan disteril oleh Brimob, sebelum pelaksanaan ibadah. Kemudian kita mengimbau kepada masyarakat di dalam pelaksaan Natal dan perayaan Tahun Baru 2024 (Nataru) bisa membantu pemerintah menjaga Kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat) dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum,” imbuhnya.(Aji)