Helo Indonesia

Mudahkan ASN Akses Data, BKPP Kendal Luncurkan Aplikasi Sikep

Selasa, 5 Desember 2023 15:46
    Bagikan  
Mudahkan ASN Akses Data, BKPP Kendal Luncurkan Aplikasi Sikep

Peluncuran Sikep agar ASN di Kendal bisa mengakses data. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna mempermudah para Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal dalam mengakses informasi data kepegawaian pribadi mereka, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal meluncurkan aplikasi layanan kepegawaian berbasis smartphone di Pendapa Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Selasa 5 Desember 2023.

Aplikasi yang diberi nama Smart Service Kepegawaian (Sikep) merupakan inovasi yang digagas Sekretaris BKPP Kendal, Dina Arsita Widiari. Aplikasi tersebut terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) dan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

Baca juga: Bantuan PKH Cair, Diharapkan Bisa Tingkatkan Taraf Hidup Penerima

Kepala BKPP Kendal, Abdul Basir mengatakan, aplikasi Sikep dibuat berdasarkan tuntutan dan kebutuhan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal terhadap akses layanan data dan informasi kepegawaian di BKPP Kabupaten Kendal yang cepat, akurat dan transparan serta akuntabel.

"Melalui aplikasi ini ASN dapat dengan mudah mengakses informasi data kepegawaian pribadi mereka. Sehingga hal ini tidak hanya memberikan transparansi, tetapi juga memberdayakan ASN untuk mengelola aspek-aspek penting dari kehidupan profesional mereka dengan lebih efektif," terang Abdul Basir.

Sekda Kendal, Sugiono mengatakan, aplikasi tersebut mencerminkan komitmen untuk memperbaiki pelayanan publik serta efisiensi dalam manajemen kepegawaian di era digitallisasi. Menurutnya hal ini adalah langkah yang tepat agar ASN dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan.

Baca juga: BBJ USM Jalin Kerja Sama dengan UPT Bahasa Unisnu Jepara

"Saya minta kepada BKPP ini tidak hanya sekedar gagasan saja tapi harus betul-betul bisa diaplikasikan," tegasnya.

Sekda berharap, aplikasi Sikep dapat meningkatkan pelayanan administrasi kepada ASN di lungkungan Pemerintahan Kabupaten Kendal.

"Karena dengan aplikasi ini semua ASN bisa mengakses data pribadinya seperti apa. Dan atasannya atau pengelola kepegawaian juga setiap saat bisa melihat, orang ini jabatannya apa, bekerja sudah berapa lama, harus dirolling apa tidak, itu kita akan lebih mudah mengetahuinya dan juga sangat transparan," terang Sekda Kendal.

Usai launching aplikasi Sikep, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi yang disampaikan oleh para narasumber, yakni Pranata Komputer Ahli Madya BKD Provinsi Jateng, Suseno, dan Manager Department Software PT Dinustek Semarang, yang juga sebagi Dosen TI Fakultas Ilmu Komputer Udinus Semarang, Abu Salam. (Aji)