Helo Indonesia

Pemkab Temanggung Hibahkan Rp 343 Juta untuk Tujuh Karang Taruna Desa

Kamis, 30 November 2023 07:22
    Bagikan  
Pemkab Temanggung Hibahkan Rp 343 Juta untuk Tujuh Karang Taruna Desa

Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo

TEMANGGUNG, HELOINDONESIA.COM - Pemkab Temanggung melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan memberikan dana hibah sebesar Rp343 juta kepada Karang Taruna Desa Tahun 2023.

Dana tersebut akan diberikan kepada tujuh calon penerima hibah, yakni Karang Taruna Bhakti Praja, Bintara Muda, Eka Praya, Kartika Sari, Ngesti Bumi Putra, Tunas Harapan, dan Tunas Karya.

Baca juga: Kota Semarang Banjir, PDAM Jamin Ketersediaan Air Bersih Lancar

Hal tersebut mengemuka dalam sosialisasi Pertemuan Calon Penerima Hibah Karang Taruna Desa Tahun 2023 di Ruang Gajah, Kantor Bupati Temanggung, Selasa 28 November 2023.

Kepala Dinsos Kabupaten Temanggung Hery Kardono menjelaskan, penyaluran hibah akan diterimakan melalui rekening masing-masing Karang Taruna sesuai daftar.

Penerima hibah pun wajib segera merealisasikan dana hibah sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang diajukan, dan menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Dana (LPJ) selambat-lambatnya tiga puluh hari sejak tanggal penerimaan dana hibah.

Baca juga: Pemkot Bagikan Sepeda Motor, Mbak Ita Minta Lurah Rajin Turun ke Wilayah

“Dana hibah pengembangan Karang Taruna merupakan dana yang wajib dikelola, dan dikembangkan untuk meningkatkan produktivitas Karang Taruna dalam pengelolaan dana hibah. Pengembangan Karang Taruna diperlukan adanya kegiatan administrasi yang teratur, baik dan benar, secara sederhana meliputi pencatatan pembelanjaan disertai bukti pembelian, dilanjutkan dengan penyusunan LPJ yang transparan,” pungkasnya seperti dikutip dari jatengprov.go.id, Rabu 29 November 2023.

Kegiatan Positif

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo menambahkan, penerima dana hibah yang bersumber dari Pemkab Temanggung dan dikelola oleh Dinsos tersebut, harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan perencanaan, dengan dasar RAB yang sebelumnya dibuat untuk kepentingan kemajuan Karang Taruna.

“Oleh karena itu, gunakan sebaik-baiknya, mulai dari perencanaan, proses pengadministrasian, sampai pada penatausahaan keuangannya. Kemudian, nantinya dinas-dinas terkait juga harus ikut mengawasi proses-proses tersebut,” tambahnya.

Baca juga: Dampak Piala Dunia U-17, Nana Sebut Geliat Ekonomi di Surakarta Tumbuh

Hary meminta Karang Taruna dapat memanfaatkan dana hibah tersebut untuk kegiatan-kegiatan positif. Diharapkan program di bidang pemberdayaan masyarakat dari Karang Taruna, dapat membantu Pemkab untuk meningkatkan penghasilan pendapatan per kapita masyarakat di Kabupaten Temanggung.

“Ini harapan saya, ke depan karang taruna bisa mengembangkan pemberdayaan dan inovasi-inovasinya. Kami akan fasilitasi, dan kami akan bantu dalam rangka pemberdayaan karang taruna dan masyarakat sekitarnya,” tandas Hary Agung. (Aji)