Helo Indonesia

Bawaslu Kendal Ajak Awak Media Bersinergi Awasi Pemilu

Selasa, 28 November 2023 17:38
    Bagikan  
Bawaslu Kendal Ajak Awak Media Bersinergi Awasi Pemilu

Kegiatan rakor kehumasan dan media yang digagas Bawaslu Kabupaten Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Hari pertama tahapan kampanye Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal menggelar Rakor Kehumasan dengan Panwaslu Kecamatan dan Media bertajuk ''Optimalisasi Peran Media sebagai Kerja Kehumasan dalam Pengawasan Pemilu'', di Ruang Serbaguna H Ubaidillah, Bawaslu Kendal, Selasa 28 November 2023.

Rakor dibuka oleh Koordinator Devisi Pencegahan Hubungan Masyarakat dan Parisipasi Masyarakat, Muhammad Habibi didampingi Koordinasi Divisi Sumber Daya Manusia, Pendidikan dan Pelatihan, Muhammad Bahrul Amik. Serta diisi Pemateri dari Komisioner KPID Jawa Tengah, Sonakha Yuda Laksono.

Baca juga: Hari Pertama Kampanye, Ganjar Disambut Gegap Gempita Warga Papua

Komisioner KPID Jawa Tengah, Sonakha Yuda Laksono menyebut, peran media dalam pengawasan pemilu, diantaranya adalah, pemberi informasi yang obyektif, pemantau pelaksanaan pemilu, menyoroti pelanggaran dan kecurangan, mendorong partisipasi masyarakat dan forum diskusi publik.

"Pengawasan pemilu menjadi domainnya Bawaslu, tetapi harapannya masyarakat sipil dalam hal ini teman-teman media bisa memberikan supporting system ketika misalkan ada pelanggaran silahkan itu diberitakan dan konfirmasi dengan Bawaslu," ujarnya.

Bersinergi

Sementara itu, Komisioner Bawaslu, Muhammad Habibi berharap, awak media dapat bersinergi dengan Bawaslu demi menjaga proses dan pengawasan Pemilu 2024.

Baca juga: Ini Alasan Prabowo-Gibran Belum Jadwalkan Kampanye di Hari Pertama

"Jadi bagaimana teman-teman media ini bisa memberikan berita yang berimbang, dalam artian berita yang sebenarnya. Sehingga juga mampu menjaga kondusivitas para pemilih," kata Muhammad Habibi.

Dirinya juga berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas dalam penyelenggara pemilu. Sehingga tugas dan kewenangan masing-masing bisa melaksanakan dengan baik serta menciptakan pemilu di wilayah Kabupaten Kendal tetap kondusif. (Anik)